Ingin Hadirkan Kuliner Khas Bali dan Lombok? Ini Rahasia Agar Lezatnya Beda

Jeffreydien Pungkas Winanda12 Apr 2021, 10:27 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 10:54 WIB
Ingin Hadirkan Kuliner Khas Bali dan Lombok? Ini Rahasia Agar Lezatnya Beda

Fimela.com, Jakarta Banyaknya aktivitas yang dilakukan secara daring tentunya membuat suasana rumah menjadi ramai. Tentunya suasana rumah makin meriah ketika di meja makan sudah tersaji kuliner yang lezatnya beda.

Riuhnya suasana rumah membuat ibu mesti kreatif dan inovatif dalam menyajikan makanan buat semua anggota keluarga. Tapi nggak perlu insecure karena ibu tetap bisa menyajikan hidangan yang menggoyangkan lidah meskipun keterbatasan budget, bingung mau masak apa dan bagimana cara mengolahnya.

Nggak cuma dari skill memasak dan budget yang berlimpah, satu lagi rahasia agar makanan bisa memanjakan lidah ada di bumbu masaknya. Jadi ibu nggak perlu insecure. Seperti Maggi Magic Lezat Rasa Ayam yang menjadikan semua masakan di rumah lezatnya beda. Maggi Magic Lezat Rasa Ayam dibuat dengan kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam granule. Saat dipakai memasak, butiran granule tersebut akan mengeluarkan rasa gurih dan aroma sedap secara perlahan dan menghasilkan rasa masakan yang lezatnya beda.

Menariknya, Maggi Magic Lezat Rasa Ayam cocok dipakai untuk segala jenis masakan, seperti olahan tumis, goreng, rebus, panggang hingga kukus. Selain ayam, berbagai jenis makanan pun akan lezat jika ditambahkan Maggi Lezat Rasa Ayam yaitu telur, seafood, hingga sambal. Nggak salah jika Maggi Magic Lezat Rasa Ayam menjadi elemen penting buat memasak kuliner yang enak.

Mengonsumsi makanan yang menggugah selera emang paling tepat sambil menikmati pemandangan seperti pantai atau hamparan perbukitan hijau. Sayang sekali di situasi seperti sekarang ini masih belum memungkinkan buat mengagendakan liburan keluarga sekaligus menikmati kuliner juara di tempat eksotis seperti Bali dan Lombok. Namun nggak perlu khawatir, karena suasana Bali dan Lombok bisa diciptakan melalui masakan khas dari kedua destinasi wisata tersebut. Bahan dan cara membuatnya nggak ribet kok.

Sate Lilit Ayam

Ingin Hadirkan Kuliner Khas Bali dan Lombok? Ini Rahasia Agar Lezatnya Beda
Sate Lilit Ayam

Salah satu makanan yang sering disajikan pada momen perayaan hari besar Galungan adalah Sate Lilit Ayam. Namun tak perlu nunggu momen perayaan hari besar untuk bisa memakan olahan sedap ini. Ibu tetap bisa menyajikan Sate Lilit Ayam saat di sela sibuknya work from home dan school from home. Bahan dan cara bikinnya nggak sesulit itu kok.

Bahan:

●      300 gram daging ayam cincang

●      50 gram kelapa parut, sangrai

●      50 ml santan kental

●      1 sendok teh asam jawa

●      1 batang serai, geprek dan iris halus bagian putihnya

●      2 lembar daun salam

●      2 lembar daun jeruk

●      10-15 batang serai, untuk tusukan sate

 

Bumbu halus:

●      3 buah cabai merah

●      10 buah cabai rawit

●      5 siung bawang merah

●      3 siung bawang putih

●      3 cm kunyit, bakar

●      2 cm jahe

●      1/2 sendok teh terasi bakar

●      4 butir kemiri, sangrai

●      1 sendok makan gula palem

●      1/2 sachet Maggi Magic Lezat Rasa Ayam

●      1/2 sdt lada hitam

●      50 ml minyak kelapa

Cara memasak:

Haluskan semua bahan bumbu halus dengan blender.Setelah bumbu menjadi halus, tumis menggunakan wajan anti lengket hingga beraroma harum. Tambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam 2 sdt, santan kental, asam jawa, serai, daun salam, dan daun jeruk. Setelah merata, sisihkan dan dinginkan.Haluskan ayam dengan blender/food processor, tambahkan kelapa parut, dan bumbu halus yang sudah dingin. Aduk merata hingga termarinasi.Gunakan sarung tangan karet, kemudian ambil sedikit adonan dan lilitkan pada batang serai. Lakukan hingga adonan habis.Bakar di atas alat pembakar atau wajan anti lengket hingga matang. Sajikan sate lilit ayam dengan sambal matah. 

Kebanyakan sate akan memiliki sensasi rasa yang enek jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Dengan menggunakan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam saat proses penumisan bumbu halus, rasa rempah yang dihasilkan mampu mengikat dan menyatu sempurna ke dalam daging ayam sehingga tidak menghasilkan rasa enek ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Udang Bakar Betutu

Ingin Hadirkan Kuliner Khas Bali dan Lombok? Ini Rahasia Agar Lezatnya Beda
Udang Bakar Betutu

Nggak afdal rasanya jika nggak masukin olahan betutu sebagai menu yang ikonik dari Bali. Untuk menghadirkan variasi baru, ibu perlu mencoba menyajikan Udang Bakar Betutu. Rasa gurih dari seafood ini semakin menggoyang lidah saat dibakar dengan bumbu khas betutu. Dijamin, akhir pekan bersama keluarga di rumah tidak membosankan dengan makanan ini di atas meja.

Bahan:

●      500 gram udang galah (besar)

●      1/2 sachet Maggi Magic Lezat Rasa Ayam

●      1 sendok teh merica

●      1 sendok makan gula pasir

●      8 siung bawang merah

●      6 siung bawang putih

●      15 buah cabai rawit merah

●      2 batang serai, potong-potong

●      5 cm lengkuas, iris

●      3 cm jahe, iris

●      3 cm kunyit

●      3 lembar daun jeruk

 

Untuk bumbu halus:

●      3 cm kencur

●      3 cm kunyit

●      3 buah kemiri

●      1 sendok makan ketumbar

●      1 potong terasi matang

●      15 buah cabai rawit merah

Cara memasak:

Haluskan semua bahan bumbu halus menggunakan blender. Setelah halus, sisihkanMasukkan bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe, kunyit, cabai rawit merah ke dalam food processor untuk dicincang dengan halusTumis bumbu halus dan bumbu cincang hingga bumbu tercampur rata dan beraroma harum. Masukkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam, gula, dan merica. Masak hingga bau langu yang ada perlahan hilang.Belah udang yang sudah dicuci, kemudian bakar menggunakan pemanggang, lalu olesi dengan bumbu betutu yang sudah dimasak. Olesi kedua sisi, lalu bakar hingga matang.Sajikan di atas piring saji. 

Olahan betutu asal Bali tentunya sudah mahsyur bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia. Nggak cuma dengan ayam, Udang Bakar Betutu juga menjadi menu yang wajib untuk dicoba. Rasa alami udang yang cenderung manis dan asin akan menyatu sempurna dalam gurihnya Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Menjadikan ibu sebagai chef terbaik di rumah dengan mengandalkan bumbu rahasia Maggi Magic Lezat Rasa Ayam.

Telur Ayam Bumbu Bali

Ingin Hadirkan Kuliner Khas Bali dan Lombok? Ini Rahasia Agar Lezatnya Beda
Telur Ayam Bumbu Bali

Ingin menyajikan menu makanan yang penyajiannya cepat tapi rasanya enak? Telur Ayam Bumbu Bali bisa menjawab pertanyaan itu. Di tengah padatnya aktivitas, menu khas Bali yang satu ini nggak perlu ribet dalam proses penyajiannya. Cocok untuk sarapan atau dijadikan bekal saat bepergian.

Bahan:

●      6 butir telur ayam, rebus terpisah

●      4 lembar daun jeruk, buang bagian tulang daun

●      2 batang serai, geprek

●      1 sendok teh terasi

●      2 sendok makan gula merah

●      1 sachet Maggi Magic Lezat Rasa Ayam

●      200 ml air

 

Bumbu halus:

●     10 buah cabai rawit merah

●    4 buah cabai keriting

●    4 buah cabai merah besar

●     6 siung bawang merah

●     4 siung bawang putih

●     2 butir kemiri

●    1 buah tomat

 

Cara Memasak:

Goreng telur yang sudah direbus hingga berwarna sedikit kecoklatan, kemudian sisihkan.Haluskan semua bahan bumbu halus menggunakan blender.Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus hingga beraroma harum.Tambahkan serai, terasi, daun jeruk, gula merah, dan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Masukkan air, masak hingga mendidik dan kuah berubah warna.Tambahkan telur goreng, kemudian aduk merata. Telur Ayam Bumbu Bali Siap Disajikan 

Bahannya sederhana, mudah dimasak, dan rasanya yang enak membuat Telur Ayam Bumbu Bali wajib hadir di meja makan saat hectic dengan padatnya aktivitas. Sensasi rasa yang gurih dan pedas terasa makin lengkap dengan memasukkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Dijamin, rasa telur dan bumbunya menjadi lebih light namun tetap memanjakan lidah.

Nasi Bakar Taliwang

Ingin Hadirkan Kuliner Khas Bali dan Lombok? Ini Rahasia Agar Lezatnya Beda
Nasi Bakar Taliwang

Tak perlu repot-repot terbang ke Bali untuk bisa menikmati Nasi Bakar Taliwang. Dengan bahan yang mudah didapat dan bikinnya nggak sulit, ibu bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk memeriahkan suasana rumah, ibu dan ayah bisa mengagendakan piknik ala-ala di halaman belakang rumah dan makan bareng sekeluarga.

Bahan:

●      2 buah jeruk nipis

●      2 sendok makan minyak goreng segar

●      2 lembar daun salam

●      2 batang serai, geprek

●      500 gram nasi putih

●      4 tangkai kemangi

●      250 gram dada ayam fillet, potong dadu

●      4 lembar daun pisang

●      1 sendok teh Maggi Magic Lezat Rasa Ayam

●      8 buah cabai rawit utuh

 

Bumbu halus:

●    50 gram cabai merah

●    50 gram cabai keriting

●     15 buah cabai rawit merah

●    10 siung bawang merah

●     8 siung bawang putih

●    2 ruas kencur

●     1 sendok teh terasi

●    1 buah tomat

●    25 gram gula merah

●     2 ruas lengkuas

●     1 sendok teh gula

 

Pelengkap:

●     2 buah tomat

●    1 buah timun

●    100 gr selada

 

Cara memasak:

Lumuri ayam dengan jeruk nipis. Beri pijatan dan diamkan selama 5 menit.Masukkan semua bahan bumbu halus ke blender hingga tercampur dan halus secara sempurnaPanaskan minyak goreng segar, tumis bumbu halus. Masukkan serai dan daun salam hingga beraroma harum. Masukkan ayam dan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam, beri sedikit air. Masak hingga bumbu meresap dan air berkurang.Susun ayam di atas daun pisang, beri daun kemangi dan potongan cabai utuh. Tuang nasi di atasnya, kemudian beri sisa bumbu taliwang.Gulung daun pisang atau rekatkan menggunakan tusuk gigi. Panggang dengan wajan anti lengket atau bakar di atas bara api hingga harum dan setiap sisi kecokelatan. Nasi Bakar Taliwang siap disajikan 

Nasi bakar hangat paling lengkap disajikan dengan ayam taliwang dan sambal matah. Namun walaupun tanpa lauk sekalipun, nasi bakar taliwang memiliki rasa yang gurih berkat rempah Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Rasa ayam yang semula netral menjadi gurih di lidah saat menambahkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Aroma harum yang terdapat dari daun pisang juga membuat Nasi Bakar Taliwang semakin menggugah selera.

Sambal Embe

Ingin Hadirkan Kuliner Khas Bali dan Lombok? Ini Rahasia Agar Lezatnya Beda
Sambal Embe

Bali nggak cuma identik dengan sambal matahnya. Untuk melengkapi sajian di meja makan, Sambal Embe akan membuat seluruh isi rumah merasakan pedas gurih yang menggigit. Cocok nih untuk disajikan saat di luar sedang hujan deras.

Bahan:

●      8 siung bawang putih, iris tipis

●      10 siung bawang merah iris

●      15 buah cabai rawit merah, iris

●      1/2 sendok teh terasi, bakar

●      1 buah jeruk limau

●      1/2 sendok teh Maggi Magic Lezat Rasa Ayam

●      1/2 sendok teh gula pasir (opsional)

●      Minyak goreng segar secukupnya

 

Cara membuat:

Panaskan minyak, lalu goreng bawang merah dengan api sedang hingga setengah kering. Lalu, masukkan bawang putih dan goreng sebentar.Tambahkan cabai rawit dan goreng semuanya hingga agak kering, namun jangan sampai gosong. Tiriskan.Hancurkan terasi dan campurkan dengan bawang dan cabai goreng. Kemudian, masukkan dengan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam dan gula pasir, aduk rata.Beri perasan jeruk limau dan sajikan 

Sambal Embe akan melengkapi nasi hangat, lauk panas, cah kangkung, dan kerupuk yang tersaji di atas meja. Nggak cuma memiliki rasa pedas, kombinasi rasa manis gurih akan menari-nari di lidah berkat Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Kehebatan dari Maggi Magic Lezat Rasa Ayam juga makin lengkap karena bisa menjadi bumbu rahasia untuk membuat sambal. Menjadikan Sambal Embe makin sah sebagai pelengkap yang sempurna untuk menu di atas meja makan. 

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam akan selalu menyempurnakan masakan ibu dan membuat lezatnya beda. Dibuat dari kandungan ayam dan rempah segar, Maggi Magic Lezat Rasa Ayam sangat ampuh buat menyempurnakan rasa menu masakan yang diolah dengan cara digoreng, rebus, bakar, tumis, kukus bahkan juga untuk membuat sambal.

Fleksibilitas Maggi Magic Lezat Rasa Ayam juga mampu menyempurnakan segala macam bahan makanan seperti ayam, daging sapi, termasuk seafood. Lengkap banget sampai nggak ada hidangan yang terasa sempurna tanpa Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Bikin masakan ibu semakin paripurna. Bingung mau masak apa besok? Langsung aja klik di sini untuk mengetahui olahan istimewa yang bisa dimasak di rumah.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam: Lezatnya beda

Lanjutkan Membaca ↓