Doa Menyambut Kedatangan Bulan Suci Ramadan dan Doa Melihat Hilal

Baiq Nurul Nahdiat12 Apr 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 14:15 WIB
Doa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Tak terasa, malam pertama bulan Ramadan akan jatuh pada nanti malam atau pada tanggal 12 April 2021. Selama bulan Ramadan, umat muslim tidak hanya dianjurkan untuk meningkatkan amalan-amalan yang wajib, namun meningkatkan amalan sunnah juga sangat diutamakan.

Pada bulan Ramadan, setiap perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya, sehingga umat muslim akan berbondong-bondong melakukan amalan wajib hingga sunnah seperti, membayar zakat, salat Tarawih, tadarus Alquran, bersedekah dan lain sebagainya.

Maka wajar kehadiran Ramadan sangat dinantikan umat muslim dan akan diberikan pahala bahkan dijauhkan dari api neraka bagi mereka yang menyambut kedatangan bulan Ramadan dengan penuh suka cita. 

Seperti yang dilansir pada laman Dream.co.id, berikut adalah doa yang dianjurkan untuk dilantunkan untuk menyambut bulan Ramadan dan doa dari Rasulillah lainnya. 

Doa Menyambut Bulan Ramadan

Inilah doa yang dianjurkan untuk menyambut kedatangan bulan Ramadan:

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'bana wa balighna ramadlana.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami pada Rajab dan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan Ramadan."

Doa Rasulullah saat Menyambut Bulan Ramadan

Doa Ramadan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ada pun doa Rasulullah saat menyambut bulan Ramadan:

Allahumma sallimni li ramadlana, wa sallim ramadlana li wa sallimhu minni.

Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di bulan Ramadhan."

Doa Rasulullah ketika Melihat Hilal

Doa Ramadan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Cara menentukan awal Ramadan dengan metod hisab adalah perhitungan untuk memprediksi ketinggian hilal yang menjadi penanda pergantian bulan dalam sistem kalender hijriah. Ketika diprediksi sudah berada di ketinggian di atas 0 derajat, maka sudah bisa dikatakan bulan berganti.

Sedangkan rukyat adalah metode menentukan awal Ramadan yang dilakukan dengan menyaksikan hilal baik dengan mata secara langsung maupun dengan alat. Jika sudah muncul, hilal akan terlihat seperti garis lengkung tipis.

Ketika menyaksikan hilal, Rasulullah Muhammad SAW selalu membaca doa di bawah ini. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi.

Doa Rasulullah saat melihat hilal:

"Allahumma ahillahu 'alaina bil yumna wal imani was salamati wal islami rabbi wa rabbukallahu."

Artinya: "Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu adalah Allah."

Demikianlah ulasan mengenai doa yang dianjurkan untuk dibaca saat menyambut kedatangan bulan Ramadan. Semoga bermanfaat. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓