Sukses

Lifestyle

Bikin Gemas, Nyatanya Ada 4 Penyebab Kucing Suka Memiringkan Kepalanya

Fimela.com, Jakarta Gemas saat melihat kucingmu membuka matanya lebar-lebar lalu memiringkan kepalanya? Kamu tidak sendiri, kebanyakan orang akan tertawa saat melihat ekspresi anabul yang tampak bingung ini. Nyatanya, ada banyak alasan yang membuat kucng melakukan hal lucu ini, bahkan ada yang termasuk dalam gejala gangguan kesehatan.

Memahami Pemiliknya

Kucing sering memiringkan kepalanya saat sedang diajak berkomunikasi oleh pemiliknya. Selain menunjukkan kasih sayang, ternyata anabulmu sedang menyesuaikan indranya agar dapat lebih memahami komunikasimu. Telinganya dapat mendengar frekuensi suara yang sangat tinggi, bahkan menangkap suara yang sangat pelan dari jarak beberapa meter.

Penyakit Vestibular

Sayangnya, meskipun lucu, memiringkan kepala bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih parah pada kucing. Penyebab paling umum disebut sindrom atau penyakit vestibular. Organ vestibular ini sendiri terletak di telinga bagian dalam pada hewan peliharaanmu dan bertanggung jawab atas keseimbangan kucing yang luar biasa.

Saat kucing menggerakkan kepalanya, cairan dalam organ vestibular ini menandakan perubahan gravitasi ke otak. Jika terjadi infeksi di telinga bagian dalam, proses ini terganggu. Hal ini dapat menyebabkan kucing menjadi bingung, dan sempoyongan saat berjalan, mudah jatuh, atau muntah.

Untungnya, penyakit ini biasanya bersifat sementara dan tidak berbahaya. Tapi tidak ada salahnya mengkonsultasikannya pada dokter hewan, segera setelah kucingmu menunjukkan gejala-gejala ini.

Kutu di Telinga

Parasit kecil ini sering ditemukan hidup di dalam saluran telinga hewan termasuk kucing. Jika sering melihat anabulmu memiringkan kepalanya, kutu bisa menjadi penyebabnya, apalagi disertai dengan gerakan lainnya seperti menggaruk dan menggelengkan kepalanya dengan harapan menghilangkan tungau dari telinganya. Bisa mengganggu aktivitas sehari-harinya, basmi kutu dengan sering memandikannya dan gunakan obat khusus yang aman bagi kesehatan kucing.

Kurang Nutrisi

Makanan jadi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan kucing. Gizi yang buruk atau kombinasi protein dan nutrisi yang salah dapat memicu perilaku tubuh yang aneh pada anabul, seperti memiringkan kepala. Luangkan waktu sejenak untuk memantau asupan makanan dan keseimbangan nutrisinya, dengan lebih cermat membaca komposisi bahan di kemasan cat food yang dibeli.

Soal nutrisi, jangan ragu memilih Muezza sebagai makanan harian untuk kucingmu. Dibuat hanya dari bahan alami pilihan yang diolah dengan teknologi modern, nutrisinya terjaga sehat, lengkap, dan seimbang untuk membantu anabul tetap aktif dan terhindar dari penyakit.

Bebas bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tak perlu was-was saat kena jilat kucing usai makan, mencuci wadah makannya di tempat cuci piring, atau memberikan dry food secara langsung.

Selain itu, Muezza punya 4 varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera makan kucing. Bikin anabul makin lahap makan dan ternutrisi dengan baik, segera beli di marketplace andalanmu seperti Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading