5 Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi saat Sahur

Imelda Rahma12 Apr 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 17:45 WIB
Minuman

Minuman yang tak baik dikonsumsi saat sahur ternyata beragam. Saat ini umat Muslim di seluruh dunia sedang bersiap untuk menjalani ibadah puasa Ramadan. Ibadah puasa ini membuat yang menjalankannya kerap menguubah drastis pola makan dari biasanya.

Kamu tidak bisa secara bebas mengonsumsi makanan ataupun minuman, karena hal ini bisa mengganggu pencernaan dan membuat aktivitasmu menjadi terganggu. Tak hanya itu, masalah kesehatan lainnya juga akan bermunculan jika kamu tidak menjaga pola konsumi makanan atau minuman selama puasa ini.

Nah, untuk memulai puasa umat Muslim terlebih dahulu menjalankan sahur. Pada saat sahur, kerapkali kamu tidak menyadari khususnya konsumsi minuman yang kamu minum saat sahur. Nampak sepele, ternyata kamu perlu memperhatikan konsumsi minuman saat sahur. Ternyata ada beberapa minuman yang tak baik dikonsumsi saat sahur lho.

Fungsi cairan atau minuman yang kamu konsumsi saat sahur ini berfungsi untuk melengkapi energimu saat melakukan aktivitas. Oleh karena itu, perlunya memperhatikan minuman yang kamu konsumsi saat sahur dengan tepat. Guna menghindari hal buruk terjadi saat menjalani aktivitas hingga waktunya berbuka tiba.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Teh

Teh
Ilustrasi Teh Credit: pexels.com/Ciao

Saat sahur, kamu tidak disarankan untuk minum teh karena akan menaikkan gula darah dan cepat juga menurunkannya. Hal ini yang menyebabkan kamu akan cepat lemas saat menjalankan puasa.

Selain itu, kandungan kafein pada teh yang bersifat diuretik ini juga menyebabkan kamu terus menerus mengeluarkan cairan tubuh dalam bentuk urin.

Minuman Bersoda

Minuman Bersoda
Ilustrasi Minuman Bersoda Credit: pexels.com/Jim

Hindari juga minuman bersoda atau minuman dengan perasa yang disediakan dalam kemasan. Minuman jenis ini memiliki kandungan gula yang tinggi yang bisa membuat kamu menjadi cepat merasa haus saat puasa.

Selain itu, pada minuman bersoda juga memiliki kandungan garam yang cukup tinggi yang dapat membuat kamu merasa cepat haus.

Selain itu, efek lain yang bakal kamu rasakan saat minum soda adalah akan meraskan perut menjadi penuh atau kembung. Soda juga dapat menaikkan asam lambung kamu. Jadi, kamu bisa menghindari minuman ini untuk sahur.

Kopi

Kopi
Ilustrasi Kopi Credit: pexels.com/Kevin

Banyak pecinta kopi, yang tentunya tidak bisa terlepas untuk tidak mengonsumsi kopi dalam sehari. Sama halnya dengan teh yang memiliki kandungan kafein, bahkan kandungan kafein pada kopi ini lebih besar.

Adanya zat diuretik ini menyebabkan kamu akan mengeluarkan cairan tubuh dalam bentuk urin. Hal ini berakibat kamu kehabisan cairan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan kamu menjadi dehidrasi, pusing, mual hingga pingsan.

Minuman yang Terlalu Manis

Minuman yang Terlalu Manis
Ilustrasi Minuman Manis Credit: pexels.com/Lisa

Begitu juga buat kamu yang menyukai minuman serba manis. Kamu perlu mengurangi atau bahkan menghindarinya saat sahur. Soalnya, mengonsumsi minuman manisa saat sahur bisa menyebabkan hipoglikemia atau kurangnya kadar gula dalam darah.

Minuman yang terlalu manis ini bisa membuat kadar gula di dalam tubuh cepat naik dan juga cepat turun. Hal ini mengakibatkan kamu menjadi cepat lapar dan haus.

Minuman yang Terlalu Asam

Minuman yang Terlalu Asam
Ilustrasi Credit: pexels.com/Photomix

Begitu juga dengan minuman yang terlalu asam juga tidak baik dikonsumsi saat sahur. Mengonsumsi minuman asam dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan perut kamu menjadi terasa perih.

Selain itu, minuman yang terlalu asam bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik dengan cepat.

Lanjutkan Membaca ↓