Unilever Dukung Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Syariah dengan Program Pemberdayaan Komunitas Muslim

Annissa Wulan12 Apr 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi muslim

Fimela.com, Jakarta PT Unilever Indonesia, Tbk. baru saja merilis Unilever Muslim Centre of Excellence (Unilever MCOE) sebagai bentuk nyata komitmen mereka berbagi peran dengan pemerintah dan sejumlah organisasi mendukung Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah. Hal ini sejalan dengan tujuan dari Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024.

Unilever Indonesia juga menjadi global hub produk halal Unilever. Selama 87 tahun beroperasi di Indonesia, Unilever Indonesia terus mendukung pemerintah, salah satunya melalui sektor industri halal yang telah dimulai sejak tahun 1994, di mana Unilever menjadi salah satu perusahaan FMCG pertama yang pabriknya mendapat Sistem Jaminan Halal (SJH) dari MUI.

Seiring waktu, Unilever Indonesia semakin memperkuat komitmen mereka dengan penerapan sistem jaminan halal secara menyeluruh, mulai dari formulasi dan bahan baku, pasokan bahan baku, proses dan fasilitas produksi, hingga proses distribusi. Sekarang seluruh fasilitas pabrik Unilever Indonesia telah mendapatkan SJH, serta brand yang diproduksi di Indonesia juga telah mendapat sertifikasi halal dari LPPOM MUI.

 

Unilever MCOE

Ilustrasi muslim
Ilustrasi muslim. Sumber foto: unsplash.com/Fadkhera Official.

Unilever MCOE yang berbasis di Indonesia diharapkan dapat menjadi contoh bagi market Unilever secara global, sekaligus pusat insight bagi ragam inovasi dan produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan konsumen muslim di Indonesia sendiri. Unilever sendiri memiliki portofolio produk dari kategori yang beragam, mulai dari home care, personal care, hingga makanan dan minuman.

Inilah mengapa salah satu bagian utama dari Unilever MCOE, yaitu Halal Collaboration Hub akan berkolaborasi dengan 6 pusat riset Unilever di tingkat global dan civitas akademika di dalam maupun di luar negeri, dalam operasionalnya. Berkonsep kerja Physical-Digital, Halal Collaboration Hub akan mempercepat akses informasi, mulai dari ide pengembangan produk, pembuatan, dan akhirnya dicoba oleh konsumen untuk mengetahui inovasi yang bersangkutan telah menjawab kebutuhan dengan baik.

Pengembangan dan pengimplementasian Unilever MCOE juga didukung oleh Muslim Advisory Board yang terdiri dari beberapa tokoh muslim berkompeten. Bersama-sama dengan berbagai organisasi terpercaya, Unilever MCOE berupaya mewujudkan komunitas muslim yang lebih sehat dan sejahtera melalui rangkaian program pengembangan ekonomi syariah, pemberdayaan masyarakat, dan edukasi PHBS yang diharapkan dapat menjangkau 500.000 masyarakat.

Acara presscon Unilever MCOE
Acara presscon Unilever MCOE. Sumber foto: Document/Unilever Indonesia.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓