Kegiatan Ekonomi adalah Proses Menghasilkan Barang dan Jasa, Ketahui Jenisnya

Imelda Rahma12 Apr 2021, 14:02 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 18:07 WIB
Kegiatan Ekonomi

Fimela.com, Jakarta Kegiatan ekonomi adalah suatu aktivitas yang dilakukan individu ataupun kelompok untuk memperoleh barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Caranya dengan saling bertukar barang (barter) atau dengan menukarnya dengan mata uang.

Kegiatan ekonomi ini dibagi mejadi tiga jenis, yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga jenis kegiatan ekonomi tersebut memiliki sifat saling berhubungan atau berkaitan. Jika ada salah satu kegiatan yang bermasalah, maka akan berpengaruh terhadap kegiatan lainnya.

Kegiatan ekonomi adalah usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Kegiatan ekonomi ini ada di setiap tingkatan masyarakat. Salah satu tujuan utama kegiatan ekonomi adalah menghasilkan barang dan jasa agar memenuhi kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali Ini akan mengulas pengertian kegiatan ekonomi beserta jenisnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Definisi Kegiatan Ekonomi

Definisi Kegiatan Ekonomi
Ilustrasi Kegiatan Ekonomi Credit: pexels.com/Lukas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kegiatan ekonomi adalah suatu aktivitas yang terjadi di setiap tingatan masyarakat. Kegiatan ekonomi adalah setiap kegiatan yang melibatkan uang atau pertukaran produk atau layanan, jadi tidak heran setiap harinya setiap orang melakukan kegiatan ini.

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang harus dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini tentunya dipengaruhi berbagai faktor. Dengan berbagai keahlian dan pekerjaan orang yang berbeda-beda, kamu bisa memenuhi kebutuhan dengan saling bertukar barang dan bertransaksi dengan orang lain.

Contohnya, di zaman dulu mungkin seorang petani akan bertukar hasil panen dengan nelayan yang menangkap ikan. Petani membutuhkan ikan dari nelayan sebagai lauk untuk makan, dan nelayan membutuhkan nasi sebagai makanan utama untuk dimakan bersama ikan.

Sekarang ini, kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan mata uang, baik itu dengan mata uang kertas dan logam, maupun dengan uang digital atau uang elektronik.

Seputar Produksi

Seputar Produksi
Ilustrasi Produksi Credit: pexels.com/Startup

Setelah mengenali kegiatan ekonomi adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan setiap orang, tentunya kamu juga perlu mengenali pembagiannya. Jenis pertama kegiatan ekonomi adalah Produksi.

Produksi adalah proses menciptakan benda baru atau mengeluarkan hasil suatu barang. Hal ini dilakukan agar suatu produk tersebut dapat berguna bagi masyarakat atau untuk memenuhi kebutuhan konsumen.  

Barang yang dihasilkan dari kegiatan produksi ini diantaranya adalah barang mentah (barang yang sama sekali belum melalui proses pengolahan, seperti emas, padi, kayu), barang setengah jadi (barang yang telah mengalami beberapa proses pengolahan tapi belum bisa dijadikan sebagai produk akhir untuk konsumen, seperti benang yang dapat diolah menjadi kain, lalu kain yang dijadikan pakaian), hingga barang jadi (kipas, TV, kasur, karpet, dan lain-lain). Pihak yang melaksanakan kegiatan produksi disebut sebagai produsen.

Tujuan produksi sendiri tentunya yang utama adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, produksi juga memiliki tujuan untuk memeroleh keuntungan yang sebesar-besarnya, menghasilkan barang setengah jadi untuk memenuhi kebutuhan produksi selanjutnya, hingga memacu tumbuhnya usaha produksi lain untuk mengurangi pengangguran.

Sedangkan, untuk negara, produksi bertujuan untuk meningkatkan produksi nasional dalam rangka meningkatkan kemakmuran rakyat, meningkatkan pendapatan masyarakat atau pendapatan negara, memproduksi barang-barang ekspor berarti meningkatkan sumber devisa negara.

Seputar Distribusi

Seputar Distribusi
Ilustrasi Distribusi Credit: pexels.com/

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang terdiri dari produksi, distribus, dan konsumsi. Distribusi sendiri merupakan kegiatan penyaluran (pembagian, pengiriman) kepada beberapa orang atau ke beberapa tempat. Distribusi bertujuan untuk memastikan keberlangsungan kegiatan produksi dan memastikan produk diterima oleh konsumen dengan baik.

Kegiatan distribusi mencakup pengangkutan barang, pengemasan barang, penjualan ke pedagang pasar dalam bentuk grosir, pembelian dari produsen, penyimpanan di gudang, standarisasi mutu barang, dan lain sebagainya.

Pihak yang melaksanakan kegiatan distribusi disebut sebagai distributor. Dalam pelaksanaan distribusi, ada dua sistem yang diterpakan, yaitu distribusi langsung yaitu produsen melakukan penyaluran tanpa melalui perantara, dan distribusi tidak langsung, yaitu proses penyaluran yang dilakukan melalui perantara atau pedagang.

Seputar Konsumsi

Seputar Konsumsi
Ilustrasi Berbelanja Credit: pexels.com/Kipta

Konsumsi adalah penggunaan barang hasil produksi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Setelah barang atau jasa sampai ke tangan konsumen, maka barang atau jasa tersebut bisa digunakan oleh konsumen.

Pemakaian barang atau jasa tersebut bisa dilakukan secara berangsur-angsur maupun habis sekaligus. Maka konsumen mencakup setiap kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi atau menghabiskan fungsi ekonomi suatu barang. Orang-orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut juga konsumen.

Ciri-ciri barang konsumsi adalah barang konsumsi yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan (barang ekonomi), barang konsumsi yang dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, dan manfaat nilai atau jumlah barang yang digunakan tersebut akan habis sekaligus atau berangsur-angsur.

Tujuan konsumsi sendiri adalah untuk mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa secara bertahap, menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang sekaligus, dan memuaskan kebutuhan jasmani dan rohani seseorang.

Pelaku konsumsi ini juga perlu kamu kenali. Ada tiga pelaku konsumsi yang perlu kamu kenali, yaitu rumah tangga, pemerintah, dan perusahaan. Kebutuhan setiap pelaku konsumsi tersebut tentunya berbeda masing-masingnya. 

Lanjutkan Membaca ↓