Sukses

Lifestyle

5 Tips Aman Mencari Jodoh di Aplikasi Kencan Online agar Tidak Tertipu

Fimela.com, Jakarta Di zaman teknologi yang serba canggih ini, tak sedikit orang yang menggunakan aplikasi kencan online untuk mencari pasangan hidup.  Nah, siapa tahu di bulan Ramadan ini Sahabat Fimela menemukan jodoh, dan setelah Lebaran bisa naik pelamin. 

Ada berbagai alasan mengapa kencan online menguntungkan. Selain akses dan kesempatan untuk bertemu orang baru terbuka lebar, kegiatan ini pun dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa dibatasi waktu dan ruang.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berkenalan secara online. Kita sering mendengar cerita kalau banyak juga yang akhirnya kecewa setelah menggunakan aplikasi-aplikasi kencan online, yang disebabkan oleh banyak faktor antara lain, informasi dan foto yang tidak sesuai, kasus penipuan, menghilang (ghosting) dan masih banyak lagi. 

Sebenarnya, dalam mendapatkan pasangan kencan online, ada dua hal yang harus kita miliki, yakni, keberanian dan perencanaan bijaksana. Coba simak tips-tips berikut ini agar ketika kamu menggunakan aplikasi kencan online, tetap bisa merasa aman, nyaman dan tidak mudah tertipu.

1. Tidak Ada yang Sempurna

Memang menggiurkan membalas chatting dari pria yang foto profilnya terlihat tampan bagaikan selebritis, dengan profil sekelas sultan minyak dari Arab, sempurna sekali untuk dijadikan pasangan hidup. Tapi di dunia ini tidak ada yang semuanya sempurna, bisa saja fotonya diambil dari google atau mengarang bebas profil diri agar yang melihat langsung merasa tertarik.

Jadi, cobalah memilih dan memilah aplikasi kencan online yang mempunyai fitur dan sistem yang baik dan aman.  Di aplikasi dating.com yang sudah berdiri sejak 2013, semua profil pengguna, harus terverifikasi dan dengan fitur live yang terdapat didalamnya, bisa dengan aman video call an dan memastikan bahwa photo yang ditampilkan adalah photo asli.

Aplikasi ini tidak melulu menawarkan seseorang untuk mencari pasangan hidup saja, akan tetapi, di aplikasi ini, seseorang bisa mendapatkan teman baru, rekan bisnis, atau bahkan teman yang bisa mencarikan pasangan hidup.

2. Hindari Chat di Luar Aplikasi

Dengan alasan sibuk dan jarang buka aplikasi kencan, biasanya seseorang akan langsung kasih nomor telepon dan pindah ke aplikasi lain (whatsapp).  Usahakan jangan terlalu cepat pindah dan tetap melanjutkan chat di dalam aplikasi saja. 

Apabila bertemu sang penipu atau predator (sesuatu hal yang tidak kita harapkan tentu saja!), aplikasi kencan akan membantumu menelusuri dan kamu bisa langsung melaporkannya.

Sekarang ini, aplikasi kencan sudah memiliki fitur-fitur yang lengkap dengan sistem keamanan yang baik. Apabila seseorang serius denganmu, Ia akan menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi kencan tersebut dan selalu menunggu balasan darimu, tanpa buru-buru pindah ke aplikasi message lainnya.

3. Ngomong Tentang Materi? Tinggalkan Saja

Walaupun sudah berpendidikan tinggi sampai kuliah di luar negeri, emotional connection tidak akan berpengaruh dengan seberapa cerdas dirimu menjadi sasaran penipu di aplikasi kencan. 

Para penipu tersebut menjerat korbannya dengan menjalin koneksi emosi sebelum melancarkan aksi mereka, biasanya para penipu akan bercerita soal kisah hidupnya yang dramtis sehingga kita kasihan dan membantu dalam bentuk uang atau memainkan perasaanmu dengan berkata akan mengirimkan sesuatu namun membutuhkan uang untuk biaya pengirimannya, dan lain sebagainya. Tetap waspada ya, apabila dia peduli dengan kamu, seharusnya dia yang berkorban bukan dirimu. 

4. Cari Aplikasi yang mempunyai sistem verifikasi dengan baik

Walaupun tersedia puluhan aplikasi kencan online di apps storemu, belum tentu semuanya aman dan memiliki sistem yang sangat baik. Penting untuk memastikan bahwa aplikasi yang  dipilih mampu dan terpercaya serta memverifikasi data-data penggunanya.  Hal tersebut tentu saja  untuk meminimalisir potensi kejahatan cyber. 

Tidak hanya menyediakan fitur chat saja, tetapi memiliki sistem verifikasi yang lengkap dan tentunya aman untuk digunakan.  Semua pengguna yang ingin menggunakan aplikasi Dating.com tersebut, harus diverifikasi dengan ID resmi dan foto profil asli, dimana hal ini tidak terdapat di aplikasi kencan lainnya. 

Kerja  moderator dari Dating.com yang unik bisa membuatmu aman chatting dengan orang baru, apabila ada gelagat yang tidak beres dan lawan bicara mengeluarkan kata yang tidak pantas, moderator Dating.com akan bekerja dan memblokir teman chatting yang mempunyai maksud jahat kepadamu tersebut. 

5. Mengikuti intuisi

Jangan lupa untuk selalu mendengarkan intuisimu tentang orang yang diajak chatting. Lalu kalau dirimu sudah mulai merasa ada ciri-ciri yang nggak beres, sebaiknya langsung dilaporkan saja dan tutup pembicaraan.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading