Tips agar Tidak Mudah Lapar dan Lemas Saat Puasa

Baiq Nurul Nahdiat13 Apr 2021, 12:05 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 12:05 WIB
ramadan perempuan hijab

Fimela.com, Jakarta Tanggal 13 April 2021 ditandai sebagai hari pertama umat muslim melakukan puasa Ramadan. Karena masih terbilang awal, menjalankan puasa mungkin bagi sebagian orang akan terasa lebih berat.

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah rasa lapar yang datang sewaktu-waktu, karena pada hari lainnya perut yang terbiasa terisi kini harus menunggu hingga waktu buka puasa.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa mengurangi rasa lapar saat menjalankan puasa. Langsung saja ini dia tipsnya.

Dirimu Tahu Akan Mendapatkannya Nanti

Salah satu hal baik tentang berpuasa adalah dirimu tahu bahwa bisa mendapatkan apa yang diinginkan nanti setelah berbuka puasa. Jika menjalani diet dan harus menghindari makanan tertentu, ini bisa terasa seperti hukuman dan akan terus membuatmu mengidam.

Tetapi ketika berpuasa, pada siang hari dirimu mungkin tidak dapat makan kue kesukaanmu, tetapi ketika sudah tiba waktu berbuka puasa dirimu akan mendapatkannya.

Sugesti Diri Sendiri

makanan sehat
ilustrasi perempuan dengan sayuran/copyright by Vasin Lee on Shutterstock

Membiarkan diri mengalami kelaparan dan melihat betapa sedikitnya makanan yang dibutuhkan untuk merasa kenyang lagi merupakan bantuan besar dalam mengendalikan makan. Sehingga akan membuat dirimu tersugesti untuk menahan lapar lebih lama.

Mengalihkan Perhatian

Saat merasa lapar, alihkan perhatianmu pada hal-hal lain, misalnya dengan melakukan beberapa kegiatan selama berpuasa, seperti membaca, mendengarkan musik, atau menonton film.

Jika dirimu masih merasa lapar karena berada di dalam rumah, cobalah untuk melakukan kegiatan di luar rumah, seperti berjalan-jalan atau berkebun.

Abaikan Rasa Lapar

Perut kembung
Perut kembung ternyata dapat menjadi suatu tanda munculnya penyakit serius, yaitu kanker ovarium. (Foto: iStockphoto)

Rasa lapar yang datang tiba-tiba terutama di awal puasa bisa diatasi dengan cara mengabaikannya. Setelah berhasil mengabaikan serangan rasa sakit yang pertama, dirimu akan mencapai keadaan yang stabil dan tidak terlalu merasa lapar di hari puasa berikutnya.

Memperbanyak Istirahat

Hari-hari ketika berpuasa sebenarnya dirimu bisa beristirahat dari banyak aktivitas yang dilakukan pada hari-hari biasanya, misalnya istirahat dari pekerjaan dapur. Sehingga memungkinkan dirimu memiliki waktu istirahat lebih banyak.

Dengan beristirahat lebih banyak tentu energi yang dikeluarkan juga semakin sedikit sehingga bisa membuatmu tidak terlalu merasa lapar.

Demikianlah ulasan tentang beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa menahan lapar selama puasa. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓