Sukses

Lifestyle

Beberapa Kesalahan yang Sering Diabaikan dan Seharusnya Dihindari saat Menjalankan Puasa

Fimela.com, Jakarta Selama menjalankan puasa, penting bagi seseorang untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan ternutrisi dengan baik. Puasa juga bukan berarti bahwa seseorang harus beristirahat seharian penuh tanpa melakukan aktivitas, karena saat puasa pun kita masih bisa melakukan aktivitas dengan normal.

Akan tetapi, ada beberapa kesalahan yang sering diabaikan saat menjalankan puasa, sehingga menybabkan tubuh menjadi lemas atau berpotensi memicu masalah kesehatan tertentu.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari selama menjalankan puasa. Ini dia ulasannya.

Melakukan Latihan Intens Selama Puasa

Beberapa orang menganggap berolahraga dengan perut kosong bukanlah masalah, tetapi hindari apa pun yang terlalu melelahkan, seperti olahraga dengan intensitas tinggi.

Berolahraga tanpa bahan bakar yang cukup bisa berbahaya atau pastikan bahwa perut sudah cukup terisi sebelum melakukan olahraga. Beberapa ahli menyarankan, jika ingin melakukan latihan saat puasa, maka dapat memilih olahraga seperti yoga.

Memakan Apa pun Saat Buka Puasa

Membatasi makan saat buka puasa adalah hal yang harus dilakukan agar tubuh tetap ternutrisi dengan baik. Jika tidak membatasi konsumsi makananan, misalnya mengonsumsi makan manis dan digoreng atau berlemak secara bersamaan, maka  makan membuat tubuh kehilangan nutrisi dari makanan penting lainnya, seperti buah dan sayur.

Tidak Makan yang Cukup

Terkadang ada beberapa orang yang merasa nafsu makannya menurun selama menjalankan puasa. Padahal, jika sedang melakukan puasa, mencukupi  konsumsi makanan juga merupakan yang penting namun juga dengan tetap memerhatikan nutrisinya.

Sehingga penting untuk mencukupi asupan karbohirat, protein dan lemak dengan seimbang agar tubuh tetap fit menjalankan puasa di hari berikutnya.

Tidak Minum Air yang Cukup

Meskipun puasa mungkin membuat harus menahan diri dari makanan dan minum. Namun, dehidrasi dapat menyebabkan kram otot, sakit kepala, dan memperburuk rasa lapar, jadi selalu pastikan untuk meminum air selama jeda puasa, misalnya saat buka puasa, sahur dan malam harinya.

Memakan seuatu yang berkuah atau buah yang mengandung banyak air saat buka puasa bisa menjadi trik untuk mengonsumsi lebih banyak air.

Memilih Menu Makan yang Salah

Saat berpuasa penting untuk menjaga menu makanan agar tubuh bisa ternutrisi dengan baik. Jika hanya mengandalkan satu menu dan tidak variatif maka akan membuat tubuh kekurangan nutrisi tertentu.

Jadi, penting untuk membuat menu yang berselang saat buka puasa atau saat sahur. Hal ini juga agar menghindarkanmu dari rasa bosan.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa kesalahan selama menjalankan puasan yang sebaiknya dihindari. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading