5 Cara Membersihkan Mesin Cuci yang Benar

Kezia Prasetya Christvidya14 Apr 2021, 09:35 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 09:35 WIB
mesin cuci-kezo

Fimela.com, Jakarta Mesin cuci adalah salah satu alat praktis dan otomatis, yang harus dimiliki di rumah, karena mesin cuci bisa membantu mencuci pakaian dan mengeringkan pakaian.

Mesin cuci harus dirawat dan dibersihkan secara teratur, karena bakteri atau jamur yang menempel di mesin cuci, bisa merusak pakaian dan membuat mesin cuci menjadi tidak awet.

Terlalu sering menggunakan mesin cuci, bisa membuat bakteri dan kuman berkembang biak secara cepat. Hal ini bisa membuat mesin menjadi bau dan pakaian tampak kusam.

Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat Fimela harus rutin membersihkan mesin cuci, dengan cara berikut ini, yang dilansir dari Dream.co.id:

Jenis Mesin Cuci

ilustrasi mesin cuci/Yuganov Konstantin/shutterstock
ilustrasi mesin cuci/Yuganov Konstantin/shutterstock

Mesin cuci memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan di rumah, yaitu top loading, front loading yang memiliki 1 tabung, dan mesin cuci tipe manual yang memiliki 2 tabung. Berikut penjelasannya:

Top Loading

Jenis mesin cuci yang pertama adalah top loading. Mesin cuci ini mudah untuk digunakan di rumah. Karena tutupnya berada di bagian atas mesin cuci, sehingga tidak terlalu memakan tempat saat membuka tutup mesin cuci dan memasukkan pakaian.

Mesin cuci ini harganya sangat terjangkau, bekerja dengan menggunakan kapasitas air yang banyak, memiliki daya putar yang kuat, bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian dan tidak banyak meninggalkan residu detergen di dalam mesin cuci. Kekurangan mesin cuci jenis ini yaitu bisa membuat pakaian mudah berkerut, karena daya putarnya yang kuat dan menyatukan semua pakaian.

Front Loading

Mesin cuci jenis front loading adalah jenis mesin cuci yang bisa mengeringkan pakaian secara optimal. Namun sayangnya, mesin cuci ini tidak terlalu optimal saat membersihkan pakaian, karena hanya menggunakan sedikit air saja.

Mesin cuci ini terdapat filter yang harus sering dibersihkan. Selain itu, mesin cuci ini juga bisa diatur suhu airnya menjadi dingin atau hangat. Mesin cuci ini bekerja dengan mengangkat dan menjatuhkan pakaian, sehingga tidak membuat pakaian mudah berkerut.

Tipe Dua Tabung

Jenis mesin cuci yang terakhir adalah mesin cuci dua tabung. Mesin cuci ini juga sering disebut sebagai mesin cuci manual, karena mesin ini memiliki tabung pencuci dan tabung pengering yang terpisah.

Mesin cuci ini sangat efektif digunakan untuk membersihkan baju yang sangat kotor. Karena arus airnya sangat kuat pada tabung pencuci, tetapi untuk mengeringkannya harus memindahkan ke tabung yang satunya.

Cara Memilih Mesin Cuci

ilustrasi mesin cuci/Andrey_Popov/shutterstock
ilustrasi mesin cuci/Andrey_Popov/shutterstock

Saat membeli mesin cuci, perlu memperhatikan kapasitas mesin cuci. Biasanya berat pakaian kotor yang dihasilkan seseorang dalam satu minggu, bisa mencapai 1 kilogram hingga 2 kilogram.

Kalau kamu hidup sendiri, pilihlah mesin cuci yang memiliki kapasitas hingga 7 kilogram. Mesin cuci yang kapasitasnya sampai 11 kilogram, bisa digunakan untuk yang tinggal sampai 4 orang. Sedangkan mesin cuci yang kapasitasnya sampai 25kilogram, bisa digunakan untuk mencuci pakaian sampai 6 orang.

Selain kapasitas, kamu bisa memilih mesin cuci dengan melihat kedalaman, dimensi dan arah buka pintunya. Kamu bisa memilih mesin cuci top loading yang ukuran maksimalnya 90cm. Kamu bisa memilih mesin cuci front loading yang arah buka pintunya sesuai dengan ruangan tempat mencucimu.

Cara Membersihkan Mesin Cuci

ilustrasi mesin cuci/Evgeny Atamanenko/shutterstock
ilustrasi mesin cuci/Evgeny Atamanenko/shutterstock

1. Bersihkan Deterjen yang Menempel

Langkah pertama membersihkan mesin cuci adalah membersihkan tabung bagian dalam, yang terdapat tempelan detergen dan sisa warna pakaian. Kamu bisa merendam tabung mesin cuci selama 5 menit dengan air hangat, sambil di lap dengan kain yang lembut.

2. Bersihkan Tabung dengan Klorin

Kemudian tabung yang masih kotor bisa dibersihkan dengan klorin. Caranya dengan memasukkan cairan ke dalam mesin pencuci, lalu nyalakan mesin cuci selama beberapa detik dan matikan. Diamkan cairan klorin selama beberapa jam dan bilas lagi sampai bersih.

3. Bersihkan Filter

Cara membersihkan filter mesin cuci yang tersumbat adalah dengan menarik kantong filter mesin cuci, lalu bersihkan dengan air mengalir dan sikat pelan-pelan. Biarkan filter kering dan pasang kembali.

4. Bersihkan Laci Deterjen

Laci deterjen juga harus dibersihkan. Caranya dengan melepas laci deterjen, kemudian rendam dengan larutan pembersih, gosok dengan sikat gigi dan bilas sampai bersih. 

5. Bersihkan Bagian Luar

Bagian luar mesin cuci juga harus dibersihkan, dengan cara menggunakan lap setengah basah. Membersihkan bagian luar mesin cuci ini tidak boleh terlalu sering. Lakukan pembersihan setiap 2 bulan sekali.

Lanjutkan Membaca ↓