3 Cara Memilih Chopper yang Bagus dan Wajib Diketahui

Kezia Prasetya Christvidya14 Apr 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 10:35 WIB
chopper-kezo

Fimela.com, Jakarta Food chopper adalah inovasi alat masak yang praktis. Alat masak ini sangat mudah untuk digunakan untuk menghaluskan masakan, seperti sayuran dan bumbu-bumbu dapur.

Food chopper memiliki beberapa jenis, yang fungsi dan cara penggunaannya berbeda-beda. Food chopper termasuk food processor, yang memiliki bentuk lebih kecil daripada blender.

Food chopper juga bisa membantu menghaluskan daging, seperti daging sapi atau ayam. Sahabat Fimela tidak boleh sembarangan memilih food chopperAgar tidak salah pilih, berikut cara memilih food chopper, dilansir dari berbagai sumber:

Perbedaan Food Chopper dengan Blender

ilustrasi food chopper/Serghei Starus/shutterstock
ilustrasi food chopper/Serghei Starus/shutterstock

1. Ukuran Lebih Kecil

Food chopper memiliki bentuk yang lebih kecil daripada blender. Sehingga food chopper lebih mudah untuk dibawa kemana saja, dan sangat mudah untuk disimpan.

2. Tidak Menggunakan Air

Untuk melembutkan makanan dengan food chopper, kamu tidak perlu menggunakan air atau minyak. Berbeda dengan blender yang harus menggunakan air, untuk menghaluskan bahan-bahan makanan.

3. Memiliki Mata Pisau yang Besar

Mata pisau yang terdapat pada blender, memiliki ukuran yang lebih besar dari pada blender. Sehingga alat ini bisa digunakan untuk menghaluskan bahan makanan yang keras dan kering. Sedangkan mata pisau blender bentuknya kecil dan hanya bisa mengolah makanan lembut.

4. Kapasitas Kecil

Food chopper memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada blender. Alat ini bisa menampung maksimal 4 cangkir. Sedangkan blender bisa menampung sampai 2 liter.

5. Fungsinya Berbeda

Food chopper memiliki fungsi yang berbeda dengan blender. Food chopper digunakan untuk mengolah bumbu-bumbu dapur, sedangkan blender digunakan untuk mengolah buah atau sayur yang lembut.

 

 

Jenis Food Chopper

ilustrasi food chopper/gupina/shutterstock
ilustrasi food chopper/gupina/shutterstock

Food chopper memiliki beberapa jenis yang berbeda, yaitu string pull, handle dan push yang fungsinya berbeda-beda. Berikut penjelasannya: 

1. Jenis String Pull

Food chopper dengan jenis string pull memiliki bentuk yang simpel, ada tali yang terpasang pada tutup, dan ada pisau yang berputar. Alat ini manual dan mudah untuk digunakan.

2. Jenis Handle

Jenis handle ini bisa digunakan untuk menghaluskan bahan makan, dengan kapasitas yang banyak. Alat ini memiliki handle yang bisa diputar untuk menggerakkan pisaunya. Alat ini bisa digunakan untuk mengatur halus dan kasarnya bahan makanan sesuai yang diinginkan.

3. Jenis Push

Jenis push ini berfungsi saat kamu menekan tutupnya. Jenis ini bisa digunakan untuk memotong sayuran dan bumbu dapur. Jenis ini bisa digunakan untuk kapasitas yang sedikit.

Cara Memilih Chopper

ilustrasi chopper/Impact Photography/shutterstock
ilustrasi chopper/Impact Photography/shutterstock

1. Pilih yang Bentuknya Simpel

Cara memilih food chopper yang bagus adalah yang memiliki bentuk simpel, bagiannya mudah untuk dipisahkan dan bentuknya ramping. Food chopper ini sangat mudah untuk dibersihkan.

2. Pilih yang Mudah Digunakan

Kemudian pilihlah yang mudah untuk digunakan dan sesuai dengan kebutuhan di dapur. Food chopper yang paling mudah digunakan adalah tipe push, dengan desain yang minimalis dan bisa digunakan pada dapur sempit.

3. Pilih yang Harganya Sesuai

Food chopper dijual dengan berbagai macam harga. Sebelum membeli food chopper, pilihlah brand yang menjual food choper dengan kualitas yang bagus, tetapi harganya tetap terjangkau.

Cara Membersihkan Food Chopper

ilustrasi food chopper/Dejan Dundjerski/shutterstock
ilustrasi food chopper/Dejan Dundjerski/shutterstock

1. Menggunakan Air Hangat

Langkah pertama membersihkan food chopper adalah memasukkan air hangat ke dalam alat, yang dicampurkan dengan sabun cuci piring. Hal ini dilakukan untuk membantu mengangkat sisa kotoran di dalam food chopper.

2. Menyalakan Alat

Setelah direndam dengan air hangat dan sabun cuci piring, nyalakan alat food chopper dengan kecepatan maksimal selama beberapa menit. Kemudian matikan alatnya setelah dirasa cukup.

3. Bilas Alat

Kemudian bilas alat dengan mencabut food chopper. Buang air yang ada di dalam mesin, lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih.

4. Lap Mesin Food Chopper

Sambil menunggu wadah food chopper mengering, kamu bisa membersihkan mesin dengan lap setengah basah. Kemudian keringkan kembali agar mesin tidak rusak.

5. Simpan Di Tempat Kering

Kalau semua alat sudah kering, masukkan food chopper ke dalam penyimpanan, yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tempatnya benar-benar kering.

 

Lanjutkan Membaca ↓