5 Bahasa Cinta yang Menyampaikan Permintaan Maaf pada Pasangan

Vinsensia Dianawanti22 Apr 2021, 10:30 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 10:30 WIB
Ucapkan Permintaan Maaf dan Doa yang Baik Padanya

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu sering mendengar kata bahasa cinta dalam sebuah hubungan, baik itu pasangan, teman, maupun keluarga. Konselor pernikahan Gary Chapman, Ph.D pun menyebut dalam bukunya bahwa setiap orang mengkomunikasikan cinta dengan salah satu dari lima cara.

Kunci hubungan romantis apapun menurutnya adalah mampu berbicara dalam bahasa cinta bersama pasangan. Dalam bukunya, Chapman juga menjelaskan lima bahasa cinta yang mengungkapkan permintaan tulus kepada pasangan.

Mengetahui bahasa cinta saat hendak meminta maaf bisa memudahkan kamu untuk menyampaikan permintaan maaf yang tulus. Dilansir dari Purewow, berikut beberapa bahasa cinta yang bisa menyampaikan permintaan maaf tulus kepada pasangan.

1. Ekspresi penyesalan

Katakan minta maaf dengan sungguh-sungguh dan penuh penyesalan. Maaf yang tulus penting untuk permintaan maaf yang efektif. Dengan mengatakannya secara tulus, pasangan bisa terkejut bagaimana seseorang berjuang menelan harga diri mereka dan mengungkapkan penyesalan.

 

2. Menerima tanggung jawab

memeluk memaafkan pasangan
ilustrasi memeluk/photo created by jcomp - www.freepik.com

Kamu bisa katakan "Saya salah". Sebutkan kesalahannya untuk menunjukkan bahwa kamu menerima kesalahan yang kamu perbuat. Mengatakan bahwa kamu salah menandakan bahwa kamu menerima tanggung jawab atas tindakan yang kamu perbuat.

3. Lakukan ganti rugi

"Bagaimana saya bisa memperbaikinya?". Kalimat ini akan menekankan bahwa kamu benar-benar menyesal dan ingin menebus kesalahanmu. Membuat ganti rugi berarti berkomitmen untuk menemukan cara untuk mengoreksi kesalahanmu.

4. Benar-benar bertobat

"Saya akan berubah, dan inilah cara saya melakukannya...". Kalimat ini terdengar seperti janji palsu. Namun ketika kamu menjelaskan bagaimana kamu bisa berubah akan meyakinkan pasangan bahwa kamu benar-benar akan berubah. Jangan buat alasan apapun atas kesalahanmu dan rencanakan perbuatan yang lebih baik dan spesifik.

5. Meminta pengampunan

Bersabarlah dalam mencari pengampunan dan rekonsiliasi. Orang lain membutuhkan waktu untuk mencerna semua yang terjadi. Pengampunan yang tulis membutuhkan waktu.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓