3 Cara Berpuasa di Bulan Ramadan dengan Memerhatikan Kesehatan Tubuh

Karla Farhana19 Apr 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 07:00 WIB
Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan suci Ramadan adalah bulan spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Ini adalah saat ketika Muslim terhubung lebih dalam dengan agama mereka, merefleksikan diri mereka sendiri, dan saling berlomba-lomba berbuat kebaikan. 

Puasa selama Ramadan dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Namun, banyak umat Muslim yang justru mengonsumsi berbagai makanan tidak sehat, seperti makanan berlemak dan juga goreng-gorengan selama Ramadan saat berbuka puasa. Hal ini justru tidak baik untuk tubuhmu. 

Dilansir dari Healthline, ada beberapa hal yang mesti kamu catat dan perhatikan jika ingin berpuasa Ramadan dan merasakan manfaat kesehatannya. Berikut 3 cara mendapatkan manfaat kesehatan dengan puasa Ramadan. 

1. Jangan Lewatkan Sahur

Menurut Nazima Qureshi, RD, MPH sekaligus penulis buku the Healthy Ramadan Guide menjelaskan kalau sahur itu sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, sahur merupakan bekal energi tubuh yang sangat diperlukan selama kamu berpuasa. 

3. Hidrasi Tubuh

Menu berbuka puasa
Menu berbuka puasa | pexels.com/@meruyert-bissimbayeva

Banyak orang bingung bagaimana caranya tetap menghidrasi tubuh dengan baik selama Ramadan. Qureshi merekomendasikan untuk memanfaatkan waktu sahur dan berbuka puasa dengan baik untuk menghidrasi tubuh. 

Malam merupakan waktu yang cukup panjang dan tepat untuk menghidrasi tubuhmu. Pilih juga makanan-makanan sehat yang mengandung banyak air. Seperti stroberi, semangka, mentimun, paprika, dan tomat. 

3. Kontrol Porsi Makan

Setelah memilih makanan dan minuman yang sehat, pastikan kamu juga mengontrol porsi makan pada saat sahur dan berbuka puasa. Qureshi menyarankan untuk berbuka puasa dengan kurma, buah, dan juga air mineral. Kemudian, istirahat sembari solat Magrib dan Isya, kemudian baru mengonsumsi makanan berat. 

Nah, semoga 3 tips di atas bisa membantumu lebih sehat selama berpuasa di bulan Ramadan. 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓