Emmanuella Mila Perempuan Hebat di Balik Rumah Dongeng Pelangi

Ayu Puji Lestari14 Apr 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 18:03 WIB
Emmanuella Mila

Fimela.com, Jakarta Di bulan April untuk menyambut Hari Kartini FIMELA menghadirkan deretan perempuan hebat. Sosok menginspirasi yang membawa banyak perubahan di sekitarnya. Karena perempuan kuat jika saling menguatkan.

***

Sosok Emmanuella Mila atau biasa dipanggil Mila adalah sosok perempuan yang aktif sekaligus founder Rumah Dongeng Pelangi. Mila bersama dengan relawan lainnya sudah membangun Rumah Dongeng Pelangi sejak tahun 2010. Hingga kini, Rumah Dongeng Pelangi masih aktif berkegiatan. Total relawan aktifnya ada sekitar 120-an.

Berawal dari pengalamannya saat kecil ketika didongengi oleh ayahnya, ia ingin menumbuhkan rasa cintanya ini kepada anaknya. Dan berlanjut ke anak di TK, PAUD, Anak di Rumah Sakit hingga Panti Asuhan.

Tahun 2010 saat ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mengasuh anaknya sendiri, ia mulai aktif mendongeng. Awalnya ia mendongeng di TK sekitar rumahnya dan berlanjut ke sekolah lainnya. Tak hanya itu, ia pun mulai berbagi dongeng ke anak-anak di Panti Asuhan.

Meskipun kegiatan ini sedikit terkendala saat pandemi, namun tidak melunturkan semangat Mila dan teman-teman relawan di Rumah Dongeng Pelangi untuk terus berbagi.

“Awal-awal pandemi, kami memang stop semua kegiatan. Namun seiring waktu, beberapa Panti Asuhan sudah bisa dikunjungi dan memang terbatas. Ada juga yang dilakukan secara virtual memanfaatkan zoom maupun youtube,” jelasnya saat dihubungi FIMELA (14/4).

Dongeng adalah Bahasa Cinta yang Universal

Emmanuella Mila
Emmanuella Mila bersama anak-anak saat kegiatan dongeng/copyright instagram/milaemmanuella

Bagi Mila, berbagi cerita lewat dongeng seperti membagikan cinta kepada orang-orang yang mendengarkannya. Seperti pengalamannya saat mendongeng untuk pertama kalinya di hadapan anak-anak autis. Meskipun awalnya merasa tidak yakin, karena selama ini ilmu mendongengnya dipelajari secara otodidak.

“Saat pertama kali mendongeng di hadapan anak dengan special need ini, aku awalnya tidak percaya jika bisa apalagi aku tidak ada latar belakang pendidikan guru atau sejenisnya. Tapi saat melihat mereka (anak-anak) aku langsung jatuh cinta. Tidak menyangka dongengku mendapat respon yang positif,” kenangnya.

Dengan seiring waktu ia pun memahami setiap dongeng memiliki pendengarnya sendiri. Dan ia percaya setiap anak memiliki cara yang berbeda untuk menerima dongeng yang dibagikan.

Berbagai Macam Kegiatan di Rumah Dongeng Pelangi

Nama Rumah Dongeng Pelangi memiliki filosofi tersendiri. Berawal bernama Rumah Dongeng saja di tahun 2010 namun ditambah Pelangi setelah satu tahun berdiri karena ternyata nama tersebut sudah ada yang memakainya.

“Seperti pelangi, kita berasal dari berbagai macam latar belakang tapi memiliki tujuan yang sama,” jelasnya.

Tak hanya dongeng saja, Mila dan para relawan Rumah Dongeng Pelangi juga melakukan pendampingan untuk Guru PAUD prasejahtera sejak 5 tahun lalu. Kegiatan pendampingan inilah yang sering dijadikan sebagai program CSR dari para sponsor Rumah Dongeng Pelangi.

Pesan Emmanuella Mila untuk Perempuan Hebat

Wardah
Emmanuella Mila, pendiri Rumah Dongeng Pelangi sebagai salah satu wanita inspiratif pilihan Wardah Inspiring Movement.

Di akhir wawancara, Emmanuella Mila menyampaikan pesan untuk perempuan hebat lainnya di luar sana,

“ Perempuan Indonesia adalah perempuan yang luar biasa memiliki kehebatan baik yang berkarya di rumah, freelancer, bekerja di kantor atau apa pun dan menjadi berkat sebagai makhluk yang luar biasa. Perempuan juga adalah ibu dan pendoa yang baik untuk keluarga partner dan teman, jadi selalu bersyukur,” tutupnya.

Wah, sangat menginspirasi sekali ya Sahabat Fimela? Tertarik untuk mengikuti jejak Emmanuella Mila? Siapa pun kamu, kamu adalah perempuan yang hebat.

***

Buat Sahabat Fimela yang ingin memberi hadiah untuk #PerempuanHebat versimu, ikuti kuisnya di instagram FIMELA berikut ini.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓