Rekomendasi Makanan Sahur agar Tubuh Tetap Terhidrasi dan Berenergi Sepanjang Hari

Fimela Editor20 Apr 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 08:30 WIB
Ilustrasi makan sahur

Fimela.com, Jakarta Makan sahur saat berpuasa merupakan hal yang penting dan tak boleh terlewatkan. Betapa tidak, asupan yang masuk saat makan sahur akan menjadi sumber tenaga saat berpuasa.

Namun tahukah kamu, ada beberapa makanan yang dapat mencegah tubuh lemas selama puasa. Deretan makanan ini jika dikonsumsi saat sahur akan membantumu tetap terhidrasi dan berenergi sepanjang hari.

Melansir dari NDTV Food dan Gulf News, berikut 7 rekomendasi makanan yang dapat kamu konsumsi saat sahur.

1. Telur

Tidak hanya lezat, telur juga dapat dijadikan sebagai bahan bakar untuk mendapatkan energi bagi tubuh. Telur mengandung banyak protein, mengonsumsi makanan ini akan membantumu merasa kenyang sepanjang hari.

Selain itu, telur juga mudah diolah menjadi berbagai jenis menu makanan lezat lainnya. Mulai dari omelet sayur, telur orak-arik, hingga sandwich.

2. Oatmeal

Oat kaya akan serat larut beta-glucan, yang memiliki banyak manfaat. Di antaranya mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah, meningkatkan bakteri usus yang sehat hingga meningkatkan perasaan kenyang.

Tak hanya itu, oatmeal merupakan sumber protein dan karbohidrat yang bisa memberi banyak energi selama berpuasa. Kamu bisa membuat smoothie oatmeal yang terdiri dari pisang dan susu yang membuat hidangan lebih enak dan beraroma, saat sahur.

 

3. Ikan salmon

Ilustrasi makan sahur
Ilustrasi makan sahur. Sumber foto: unsplash.com/Caroline Attwood.

Salmon merupakan sumber protein, vitamin dan mineral penting yang dapat memberikan banyak energi untuk tubuh. Makanan penambah energi tersebut juga dikemas dengan asam lemak omega-3, yang berkontribusi pada fungsi otak yang sehat.

Selain itu, jenis lemak tersebut dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Kandungan nutrisi berupa vitamin D pada ikan salmon dapat berperan untuk melawan kantuk yang nantinya akan berhubungan dengan peningkatan energi pada tubuh.

Namun perlu diingat, usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena bisa menyebabkan kembung. Makanan yang digoreng adalah larangan besar saar berpuasa. Sebab, ini hanya akan membuat Anda merasa lebih haus.

4. Greek yogurt

Bahan yang lembut dan sangat menyehatkan ini adalah cara sempurna untuk mempersiapkan hari puasa. Greek yogurt juga dikemas dengan probiotik dan memiliki jumlah protein dua kali lipat dari yogurt biasa.

Sedikit protein ekstra itulah yang akan membantumu merasa kenyang. Tak hanya itu, greek yogurt juga rendah karbohidrat dan juga membantu menjaga rasa haus.

5. Kacang-kacangan

Tambahkan kacang-kacangan ke dalam menu makan sahur untuk membantu mengisi dan meningkatkan energi. Camilan kacang almond dan walnut yang mengandung lemak baik juga akan membantu kamu merasa tetap kenyang sepanjang hari jika dikonsumsi saat sahur.

Jika kamu ingin memasangkannya dengan roti maka kamu bisa menggunakan selai kacang . Selai almond dan selai kacang akan memberimu energi sekaligus membuatmu merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

6. Daging ayam

Ilustrasi makan sahur
Ilustrasi makan sahur. Sumber foto: unsplash.com/Irina Grigoras.

Daging unggas putih, seperti ayam adalah sumber protein yang baik dan menawarkan berbagai nutrisi yang menghasilkan energi. Kamu bisa gunakan olahan ayam untuk membuat sandwich yang sehat dan mengenyangkan pada waktu sahur.

7. Buah dan sayuran

Buah-buahan kaya akan mineral dan vitamin yang dapat membantumu merasa berenergi saat berpuasa. Selain itu, makan buah-buahan dan sayuran juga akan membantumu tetap terhidrasi.

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang dapat kamu makan meliputi semangka, stroberi, jeruk, tomat, ketimun, selada, bayam, dan lain sebagainya. Kamu bisa membuat salad yang akan menyatukan beberapa buah dan sayuran. Dengan ini, kamu bisa menikmati makanan, sekaligus mendapatkan manfaat kesehatannya.

 

*Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓