5 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas untuk Jaga Nutrisi Keluarga di Bulan Ramadan

Anisha Saktian Putri20 Apr 2021, 10:30 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 10:30 WIB
Menyimpanan makanan agar tetap segar di kulkas/copyright by Andrey_Popov (Shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Memilih menu sahur dan berbuka puasa selama Ramadan memang susah-susah gampang karena harus menyiapkan makanan bernutrisi, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Beberapa tanyangan yang harus dihadapi seperti makanan segar umumnya mudah layu atau busuk, seperti buah-buahan untuk jus atau sayuran untuk sup.

Akibatnya harus sering-sering membeli bahan makanan dan langsung mengolahnya sebelum dikonsumsi, sehingga menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja dan memasak selama Ramadan ini. Ditambah kesibukan sehari-hari, seperti bekerja, menemani anak mengerjakan tugas sekolah, ataupun keinginan meluangkan waktu untuk beristirahat, mencari waktu untuk ini menjadi semakin menantang.

Untuk itu ada beberapa tips menyimpan makanan di kulkas agar nutrisi tetap terjaga, apa saja? Berikut ulasannya.

1. Pertahankan Kesegaran Makanan Lebih Lama

Ilustrasi kulkas dengan makanan segar
Ilustrasi kulkas pintar. (Foto: shutterstock.com By Stokkete)

Ada sejumlah teknik untuk mempertahankan kesegaran makanan yang disimpan di kulkas agar tahan lebih lama. Sayuran seperti seledri, brokoli, atau selada, bisa disimpan dalam aluminium foil. Pisang dapat dibungkus bagian pangkalnya dengan plastik atau aluminium foil. Ada juga cara praktisnya, dengan menggunakan kulkas dua pintu dengan menggunakan teknologi Twin Cooling Plus dengan freezer dan refrigerator yang memiliki sistem pendingin masing-masing. Manfaatnya, kulkas dapat menyimpan buah-buahan dan sayuran dalam waktu dua kali lebih lama, bahkan sampai 15 hari, dibandingkan kulkas konvensional.

2. Simpan Makanan pada Temperatur yang Tepat

Supaya makanan lebih awet, umumnya pengaturan suhu refrigerator dijaga pada 5⁰C atau lebih rendah, dan suhu freezer di bawah -15⁰C untuk mengoptimalkan penyimpanan makanan yang lebih lama. 

3. Pilah dan Pisahkan Makanan yang Disimpan

Untuk menghemat waktu, kita juga dapat melakukan meal prep yang sedang marak saat ini, dimana dapat menetapkan menu dan menyiapkan makanan dalam jumlah banyak sekaligus, sehingga menghemat waktu memasak.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa makanan di dalam kulkas harus dipilah-pilah dan disimpan terpisah, karena bakteri dari makanan mentah dapat mencemari makanan lain. Makanan mentah sebaiknya disimpan dalam wadah terpisah dan tertutup. Di sinilah manfaat banyak kompartemen pada kulkas 2 pintu untuk menyimpan sayuran, buah-buahan, daging, dalam wadah terpisah. Kompartemen ini bisa disusun sesuai keinginan di dalam kulkas yang berkapasitas besar hingga 620 liter. Tempat pembuat es batu juga bisa dipindah-pindahkan, supaya lebih mudah mengatur penyimpanan di dalam freezer. 

kulkas 2 pintu Samsung memiliki filter karbon yang dilapisi oleh jaring antibakteri. Sistem penyaringan ini mampu mensterilisasi hingga 99,9% bakteri dan menghilangkan 93% bau. Timbulnya bau tak sedap juga bisa dicegah berkat sistem twin cooling yang mencegah terjadinya transisi udara antara kompartemen refrigerator dan freezer, sehingga rasa dan aroma makanan di refrigerator tidak akan bercampur dengan makanan atau es batu di freezer.   

 

4. Jangan Campur Makanan dan Non-Makanan

isi kulkas
ilustrasi bahan makanan di kulkas/Photo by Ello on Unsplash

Kulkas juga biasanya digunakan untuk penyimpanan bahan non-makanan seperti obat-obatan atau kosmetik yang membutuhkan penyimpanan suhu khusus. Jangan letakkan benda-benda ini di dekat makanan jadi atau bahan makanan agar tidak terjadi kontaminasi. Untuk benda-benda semacam ini, gunakan multi storage basket pada Kulkas 2 Pintu Samsung yang didesain untuk menyimpan berbagai benda secara terpisah, dan dapat dilepas pasang dengan mudah.

5. Manfaatkan Fitur Kulkas Canggih

Fitur Smart Conversion pada Kulkas 2 Pintu seperti milik Samsung membuat pengguna dapat mengaktifkan freezer dan refrigerator sesuai kebutuhan. Ada beberapa mode pengoperasian, sesuai kebutuhan, yaitu: regular mode, energy saving, vacation mode, fridge max mode, dan mini fridge mode. Sebagai contoh, ketika keluarga ingin memperbanyak menu sayur dan buah, kompartemen freezer dapat diubah menjadi ruang kulkas tambahan melalui fridge max mode.

Lanjutkan Membaca ↓