5 Cara Bilang 'Tidak' Tanpa Rasa Bersalah

Baiq Nurul Nahdiat15 Apr 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 16:05 WIB
couple ditolak

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang bisa mudah untuk menolak permintaan atau berkata ‘tidak’ pada orang lain. Terlebih jika orang tersebut pada dasarnya memang memiliki rasa ‘nggak enakan’.

Rasa tidak enakan ini muncul saat dirmu tidak ingin terjebak dalam suatu permasalahan atau konflik dengan seseorang. Akhirnya yang terjadi dirimu akan selalu mengiyakan orang lain tanpa berpikir panjang dan bahkan untuk sesuatu yang tidak disukai.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menolak seseorang tanpa rasa bersalah. Ini dia tipsnya.

1. Tawarkan Alternatif

Saat dirimu dihadapkan pada situasi saat seseoang meminta bantuan, misalnya ketika rekan kerja meminta bantuanmu saat dirimu tidak memiliki waktu, maka tawarkanlah alternatif lain.

Katakanlah padanya, seperti "Ada hal lain yang harus saya kerjakan, bagaimana kalau saya membantu besok.” Atau dirimu bisa menawarkan bantuan yang lain yang sekiranya tidak terlalu memberatkanmu.

2. Tolak Permintaannya, Bukan Orangnya

perempuan bicara
Photo by Mimi Thian on Unsplash

Saat dirimu menolak permintaan seseorang, maka jelaskanlah bahwa dirimu menolak permintaan tersebut, bukan orangnya. Tatap matanya, tersenyumlah dengan tulus, dan jelaskan mengapa dirimu menolak permintaan tersebut.

Pahami bahwa rasa bersalah yang kamu rasakan disebabkan oleh diri sendiri. Diirmu dapat memulai dengan "Seandainya saya bisa, tapi ...." Hal ini untuk menjaga perasan seseorang saat dirimu menolak permintaannya.

3. Menunda Respon

Pada dasarnya seseorang sering terjebak karena sikapnya yang impulsif dalam mengambil keputusan, seperti mengiyakan seseorang tanpa berpikir panjang, dan akhirnya berujung penyesalan.

Jadi,luangkanlah waktu untuk membuat keputusan. Pertimbangkan baik dan buruknya. Bila perlu ambil waktu semalaman sebelum tidur untuk memikirkannya.

4. Berikan Apreasiasi

perempuan teman
ilustrasi/shutterstock.com/Tom Wang

Agar bisa menolak permintaan orang lain tanpa menyakiti perasaannya, cobalah untuk mengawalinya dengan memberikan pujian.

Misalnya, “Kegiatan itu sepertinya sangat menarik, tetapi sayang saya berhalangan hadir.” Setelah itu jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih karena ajakan tersebut.

5. Melatih Diri

Untuk mengatakan tidak kepada orang lain, dirimu harus mulai dari diri sendiri. Cobalah untuk berbicara pada diri sendiri di depan cermin atau berlatih menyusun kalimat-kalimat penolakan yang menurutmu bagus.

Penelitian mengatakan bahwa semakin dirimu memperkuat kemauanmu, maka semakin mudah bagimu untuk mengatakan tidak. Jadi berlatihlah memperkuat kemauanmu sendiri.

Demikianlah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menolak permintaan seseorang dengan baik tanpa rasa bersalah. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓