7 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa dengan Mudah

Kezia Prasetya Christvidya16 Apr 2021, 08:35 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 08:35 WIB
bau mulut-kezo

Fimela.com, Jakarta Bau mulut sering kali muncul pada saat menjalankan ibadah puasa. Bau mulut ini disebabkan karena kondisi mulut yang kering atau dehidrasi, sedang mengalami gangguan sistem pencernaan, sariawan atau salah mengonsumsi makanan penyebab bau mulut.

Bau mulut ini bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, pada saat berkomunikasi dengan orang lain. Bau mulut ini memang tidak bisa dihindari, tetapi kita bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah terjadinya bau mulut saat puasa.

Selain menggosok gigi atau berkumur dengan cairan antiseptik, kamu bisa menerapkan beberapa cara lain untuk mencegah bau mulut. Berikut cara mencegah bau mulut saat puasa, dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Bau Mulut

bau mulut
Ilustrasi/copyright shutterstock/kei907

Bau mulut sering kali disebabkan karena kondisi kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik, karena gigi berlubang, area mulut dipenuhi dengan bakteri, sariawan, gusi berdarah dan banyak karang gigi.

Bau mulut yang memiliki istilah medis halitosis ini, bisa juga disebabkan karena mulut terlalu kering dan dehidrasi. Apalagi selama berpuasa, cairan yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit daripada biasanya.

Bau mulut juga bisa disebabkan karena masalah pada saluran pencernaan, seperti penyakit maag dan asam lambung. Saat seseorang mengalami gangguan saluran pencernaan, gas asam yang dikeluarkan dari perut ini bisa membuat mulut menjadi bau.

Penyakit kronis juga bisa jadi penyebab bau mulut, seperti penyakit sinusitis, diabetes, gangguan hati dan infeksi saluran pernapasan.

Makanan Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut
Ilustrasi Bau Mulut Credit: shutterstock.com

Selain kondisi medis, bau mulut juga bisa disebabkan karena salah mengonsumsi makanan pada saat sahur. Biasanya makanan yang menyebabkan bau mulut ini, memiliki kandungan senyawa belerang yang cukup tinggi. Berikut makanan yang bisa menyebabkan bau mulut saat puasa:

1. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang bisa membuat masakan terasa lebih sedap. Bawang putih memiliki senyawa belerang yang kuat, yang menimbulkan bau tajam. Begitu juga dengan bawang merah dan bawang bombay.

2. Daging Merah

Mengonsumsi daging merah juga bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Karena daging merah mengandung tinggi protein, yang menyebabkan tubuh memproduksi amonia yang membuat mulut menjadi bau. Apalagi jika ada serat daging yang menyangkut disela-sela gigi.

3. Susu

Makanan penyebab bau yang selanjutnya, yaitu makanan yang terbuat dari olahan susu. Susu memiliki kandungan tinggi protein dan asam amino, yang berubah menjadi senyawa sulfur di dalam mulut.

4. Kopi

Saat berpuasa lebih baik menghindari kopi, karena kopi bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Kandungan kafein di dalam kopi ini, bisa memicu munculnya bakteri di mulut dan membuat kondisi mulut menjadi kering.

5. Makanan Pedas

Makanan yang pedas juga bisa dihindari saat berpuasa. Selain menyebabkan perut sakit, makanan pedas bisa membuat bau mulut menjadi tidak sedap dan menyebabkan sariawan. Makanan pedas memiliki senyawa belerang yang baunya menyengat.

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

bau mulut
ilustrasi perempuan bau mulut/copyright Shutterstock

1. Teh Hijau

Cara pertama mencegah bau mulut saat berpuasa, yaitu dengan berkumur dengan teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan antiseptik yang bisa membunuh bakteri di dalam mulut dan bisa menyegarkan bau mulut. Setelah sahur, kamu bisa menggosok gigi dan berkumur dengan teh hijau.

2. Garam Epsom

Garam epsom yang dicampur dengan air hangat untuk berkumur, juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Karena garam epsom ini mengandung sifat antibakteri dan menghilangkan racun yang ada di dalam mulut.

3. Jahe

Cara yang ketiga adalah mengonsumsi jahe secara rutin. Jahe mengandung minyak atsiri dan gingerol yang bersifat sebagai antimikroba. Kamu bisa mengunyah jahe setelah makan dan gosok gigi sampai bersih.

4. Konsumsi Buah

Untuk mencegah bau mulut tidak sedap, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti apel, semangka, jeruk, pepaya, stroberi dan lain sebagainya. Buah-buahan pencuci mulut ini bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dan sifat antioksidannya bisa menetralisir racun.

5. Daun Mint

Cara mencegah bau mulut saat puasa yang terakhir, yaitu menggunakan daun mint. Kamu bisa mengonsumsi minuman dengan daun mint, mengunyah daun mint, menggunakan pasta gigi dengan kandungan daun mint atau menelan permen ras mint.

Lanjutkan Membaca ↓