5 Cara Sederhana Tetap Bugar dan Sehat selama Ramadan

Febi Anindya Kirana15 Apr 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 15:15 WIB
ilustrasi olahraga

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika ingin tetap sehat dan bugar selama menjalankan puasa Ramadan. Meskipun tak bisa olahraga berat selama puasa karena rentan haus dan lapar, ini sekian hal yang bisa Sahabat Fimela lakukan agar tetap bugar selama Ramadan.

1. Jangan melewatkan makan sahur

Makan sahur sama pentingnya dengan makan buka, terutama dalam menjaga perut kenyang lebih lama dan memberi asupan air cukup pada tubuh. Tubuh akan tetap bertenaga di pagi hari setelah perut kenyang karena sahur.

2. Makan secukupnya

Jangan kalap saat buka puasa datang, batasi makan makanan tinggi gula, tinggi garam dan gorengan. Makan secukupnya dan bergizi seperti perbanyak buah dan sayur agar tubuh tercukupi gizinya. Kamu juga pasti tak ingin mengalami kenaikan berat badan selama Ramadan kan?

3. Banyak minum air putih

Banyak Mengonsumsi Air Putih
Ilustrasi Mengonsumsi Air Putih Credit: unsplash.com/Emma

Sebisa mungkin minumlah air putih lebih banyak selama buka puasa dan sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Karena masa pandemi menuntutmu untuk lebih banyak berada di rumah, tentunya menjaga tubuh tidak haus juga menjadi lebih mudah.

4. Jangan bermalas-malasan

Hindari kegiatan bermalas-malasan karena itu hanya akan merugikan diri sendiri ketika puasa. Waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk olahraga ringan atau melakukan hal berguna justru hilang begitu saja karena suka rebahan tanpa melakukan apa pun. Tubuh juga akan melemah jika tidak ada aktivitas aktif yang kamu kerjakan.

5. Tidur yang cukup

Seringkali orang lupa bahwa butuh lebih banyak tidur selama Bulan Ramadan karena siklus tidur berubah selama sebulan. Otak tentu akan sulit berkonsentrasi ketika lelah. Jadi sebisa mungkin ganti waktu tidur yang berkurang dengan cara tidur lebih awal atau tidur siang, jika sempat.

Itu dia sekian cara agar tubuh teteap sehat dan bugar selama puasa Ramadan.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓