Sukses

Lifestyle

Ini 3 Alasan Sebaiknya Dirimu Tidak Melewatkan Makan Sahur

Fimela.com, Jakarta Makan sahur diadakan bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali manfaat yang diberikan ketika kita rajin makan sahur selama Bulan Ramadan. Bukan hanya disarankan atas dasar kesehatan sehingga puasa Ramadan lancar setiap harinya, namun melakukan sahur juga dianjurkan menurut hadis.

1. Menjaga perut kenyang dan tubuh terhidrasi

Sahur mungkin mengganggu waktu tidur nyenyakmu di malam hari, namun sahur juga menjadi waktu terbaik untuk memberi asupan makanan dan minum yang cukup sebelum dimulainya puasa seharian. Orang umumnya akan lebih tahan menjalankan puasa hingga waktu berbuka tiba jika makan sahur.

2. Menjaga gula darah stabil

Gula darah stabil akan menentukan kesehatan tubuh dan metabolisme yang lancar. Ketika makan sahur, tubuh akan meregulasi gula darah dengan baik. Rutin makan sahur juga akan membuatmu tidak makan berlebihan saat buka puasa karena tubuh memberi sinyal mengalami penurunan kadar gula darah yang drastis.

3. Dianjurkan secara agama

Makan sahur bahkan dianjurkan secara agama karena memberikan keberkahan. "Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,"(HR Ahmad). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga pernah bersabda: "Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan," (HR al-Bukhari).

Jadi, sebaiknya jangan pernah melewatkan makan sahur meskipun sangat mengantuk ya Sahabat Fimela. Bahkan sekadar minum air putih saja tak masalah.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading