5 Tips Membuat Keripik Sayur Bebas Minyak

Kezia Prasetya Christvidya16 Apr 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 09:15 WIB
resep-kezo

Fimela.com, Jakarta Sayuran merupakan bahan makanan yang menyehatkan, yang bisa diolah dengan berbagai cara, seperti sayur sop, jus sayur dan keripik sayur.

Keripik sayur adalah camilan yang bisa dinikmati kapan saja, untuk mengganjal perut yang lapar. Namun banyak orang tidak mau menikmati keripik, karena biasanya keripik digoreng menggunakan minyak, diberi garam dan penyedap rasa yang bisa menggagalkan program diet.

Selain digoreng, sebenarnya keripik sayur bisa diolah dengan cara memanggang keripik di dalam oven. Membuat keripik sayuran dengan oven tidak akan merusak cita rasa sayuran, kandungan di dalam sayuran dan sangat aman dikonsumsi. Berikut tips membuat keripik sayur bebas minyak, dilansir dari Liputan6.com:

Bahayanya Makanan Berminyak

keripik-kezo
ilustrasi keripik/Brent Hofacker/shutterstock

Minyak goreng adalah bahan masakan yang sering digunakan sehari-hari. Minyak goreng bisa membuat rasa makanan menjadi lebih gurih, krispi dan menggugah selera. Seperti keripik sayur yang digoreng dengan minyak.

Namun terlalu sering mengolah makanan dengan minyak, sangat berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Minyak goreng bisa membuat radang tenggorokan, memicu kolesterol, penyakit jantung hingga stroke yang menyebabkan kematian.

Selain itu, minyak goreng juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Karena minyak mengandung lemak yang menyebabkan kulit berminyak, memicu munculnya komedo dan jerawat di wajah.

Manfaat Keripik Sayur

keripik-kezo
ilustrasi keripik sayur/Reika/shutterstock

Menyemil makanan adalah suatu kebiasan yang sering dilakukan disela bekerja atau menonton TV. Namun sayangnya, tidak semua camilan bisa kita konsumsi dengan aman, karena camilan yang dijual ditoko-toko memiliki kandungan pengawet, banyak garam dan penyedap rasa yang tidak baik untuk kesehatan.

Agar camilanmu tetap sehat dan aman dikonsumsi, kamu bisa mengonsumsi keripik camilan yang diolah tanpa menggunakan minyak. Keripik sayur biasanya terdiri dari sayur brokoli, bayam, seledri, kentang, buncis, kale dan lain sebagainya.

Keripik sayur memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menahan napsu makan, meningkatkan suasana hati dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Tips Membuat Keripik Sayur

keripik-kezo
ilustrasi keripik/baibaz/shutterstock

1. Keripik Kangkung Panggang

Sayur kangkung memiliki kandungan vitamin C, kalsium dan zat besi. Tips membuat keripik kangkung yaitu dengan mencuci bersih kangkung berdaun lebar tanpa tulang dan batang, kemudian keringkan kangkung dengan tisu sampai kering, lalu tata sayur kangkung di atas loyang, kemudian percikkan minyak zaitun diatas sayur dan panggang selama 15 menit, di oven dengan suhu sampai 350° F.

2. Keripik Lemon Dill Zucchini

Zucchini atau courgette adalah sayuran yang terkenal bisa membantu menurunkan berat badan. Sayur ini bisa diolah menjadi keripik dengan cara mengiris zucchini dengan tipis dan campur dengan air perasan jeruk nipis dan garam, lalu panggang dengan panas 235 ° F selama 2 jam sampai renyah.

3. Keripik Bit Rosemary panggang

Bit memiliki kandungan serat yang tinggi, yang bisa membantu mencegah sembelit dan membantu usus memproses makanan. Cara mengolah bit menjadi keripik tanpa minyak adalah dengan mengiris bit tipis, percikkan minyak zaitun, garam dan rosemary, lalu panggang dengan suhu 375 ° F selama 20menit.

 

 

Tips Membuat Keripik yang Selanjutnya

keripik-kezo
ilustrasi keripik/Goskova Tatiana/shutterstock

4. Keripik Apel Kayu Manis

Selain sayur, kamu juga bisa membuat keripik buah, seperti buah apel yang kaya akan antioksidan dan baik untuk kesehatan. Cara membuatnya dengan mengiris tipis apel, susun di atas koyang dan taburkan bubuk kayu manis, panggang dengan suhu 200 ° F selama 2jam.

5. Keripik Pisang Panggang

Tips membuat keripik tanpa minyak yang terakhir yaitu keripik pisang. Pisang memiliki rasa manis yang cocok dijadikan sebagai camilan yang menyehatkan. Cara membuatnya dengan mengiris pisang tipis-tipis, lalu susun di atas loyang dan tetesi dengan air perasan lemon. Panggang pisang dengan suhu 225 ° F selama 3jam.

Lanjutkan Membaca ↓