Sukses

Lifestyle

5 Tips Bicara Jujur Tanpa Menyakiti

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang menghindari kejujuran karena takut jika kejujuran tersebut bisa menyebabkan seseorang terluka dan hubungan tak menjadi baik lagi setelahnya.

Rasa sungkan dan takut orang lain sakit ini kerap membuat seseorang memilih menyembunyikan kejujuran dan berharap seseorang bisa mengetahui yang sebenarnya dengan sendirinya. Padahal ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatakan hal yang jujur tanpa menyakiti orang lain.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatakan kejujuran tanpa menyakiti hati orang lain. Langsung saja simak tips berikut ini.

1. Mengimbangi dengan Sesuatu yang Positif

Saat dirimu mengatakan kejujuran pada orang lain, bisa saja mereka akan merasa sakit hati atau malu. Dirimu dapat mengimbangi perasaan itu dengan mengarahkan mereka ke hal yang positif, misalnya memberikan mereka pujian atau mengatakan hal yang baik setelah itu. Sehingga bisa membantu meringankan beban pikiran mereka.

2. Tunjukkan Empati

Beberapa orang yang ingin mengatakan hal jujur sering melupakan bahwa kejujuran yang mereka ucapkan terkadang bisa terdengar seperti hinaan pada orang lain. Sehingga penting untuk menurunkan ego atau nada bicara saat mengatakannya.

Misalnya saat mengetahui bahwa seseorang telah dikhianati oleh pasangannya, jangan langsung mengatakan "Sudah kubilang bahwa priamu akan mengkhianatimu." Itu akan menjatuhkan seseorang. Ketika dirimu mengetahui kebenaran, kendalikan emosimu dan sebisa mungkin ungkapkan dengan penuh empati.

3. Menggunakan Cerita

Jika dirimu sangat merasa tidak enak untuk mengatakan kejujuran pada orang lain maka gunakanlah cerita. Dirimu dapat menggunakan dongeng, perumpamaan, atau fitur alur cerita lainnya untuk membantu mengungkap kebenaran kepada orang lain.

Dengan menggunakan teknik ini dirimu dapat menggambarkan kekhawatiran dan orang yang diajak bicara akan dapat menerima informasi tanpa sikap defensif.

4. Perhatikan Bahasa Tubuh

Saat mengatakan kebenaran pada orang lain, jangan hanya memerhatikan ungkapan verbal namun perhatikan juga cara penyampaiannya dan bahasa tubuh yang sesuai.

Jika ingin orang lain meneriman kenyataan yang disampaikan, maka ungkapkanlah dengan cara penuh perhatian agar tidak terlihat sombong atau menyakiti. Entah itu dengan menunjukkan mimik wajah terharu atau gerakan tubuh tertentu yang mengisyaratkan kepedulian.

5. Menentukan Waktu yang Pas

Jangan lagsung mengatakan kebenaran pada orang lain tanpa melihat situasinya, karena setiap orang mungkin memiliki penerimaan yang berbeda-beda.

Misalnya tunggulah saat ia sedang tenang, tidak sedang lelah atau saat mereka meminta saran langsung. Dengan begitu, mereka mungkin akan lebih bisa menerima informasi yang dibagikan.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips untuk berkata jujur tanpa menyakiti hati orang lain. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading