4 Cara Menjaga Kedamaian Hati di Bulan Ramadan

Febi Anindya Kirana16 Apr 2021, 12:45 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 12:45 WIB
perempuan hijab

Fimela.com, Jakarta Ketika menjalani puasa Ramadan, ada banyak hal yang mungkin menjadi tantangan setiap orang. Agar bisa menjalani ibadah puasa dengan hati tenang dan damai, ini sekian cara yang bisa dilakukan.

1. Membatasi penggunaan gawai

Seringkali apa pun yang kamu dapatkan dari dunia maya dan media sosial memiliki banyak pengaruh negatif. Selama Ramadan, kurangi kegiatan menatap smartphone. Bukan hanya mulut saja yang puasa dari makanan dan minuman, mata dan otak juga harus berpuasa dari hal-hal yang kurang bermanfaat.

2. Memanfaatkan waktu di rumah

Kurangi pertemuan dengan orang-orang yang tidak diperlukan untuk sekadar basa-basi atau mengurangi acara buka bersama di luar rumah. Gunakan waktu untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti memasak menu buka puasa untuk keluarga atau menyiapkan takjil untuk masjid.

3. Mengingat tujuan berpuasa

persiapan ramadan
ilustrasi perempuan berhijab/copyright by Odua Images (Shutterstock)

Menjalani puasa Ramadan setiap tahun seringkali membuat orang lupa mengenai apa tujuan sebenarnya berpuasa. Bukan hanya sekadar menahan haus dan lapar atau diet untuk menurunkan berat badan, tapi melatih diri agar menjadi pribadi yang lebih baik secara mental dan sikap. Lebih sabar, lebih hati-hati saat menggunakan kata-kata ketika berbicara dan melakukan lebih banyak perbuatan baik kepada sesama.

4. Menulis buku harian

Pernah menulis buku harian dulu saat sekolah atau remaja? Kini buatlah lagi buku harian tentang apa saja yang sudah kamu lakukan selama seharian puasa. Lakukan itu selama sebulan penuh Ramadan untuk melihat seberapa baik perubahan yang telah kamu lakukan untuk menjalani bulan suci ini.

Itu dia sekian cara sederhana menjaga kedamaian hati selama Bulan Ramadan kali ini agar ibadah lancar dan mendapatkan keberkahan.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓