Tidak Menyebar Luas, Virus Corona Varian B1525 Ditemukan di Batam

Karla Farhana16 Apr 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 16:30 WIB
Ilustrasi Corona

Fimela.com, Jakarta Virus Corona varian baru B1525 ditemukan di Batam. Liputan6 melaporkan, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau menyebutkan virus tersebut ditemukan dari seorang pekerja migran Indonesia di Malaysia yang baru saja pulang ke Tanah Air. 

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Bisri di Tanjungpinang, Kamis (15/4/2021) mengatakan kepada Liputan6, kasus Covid-19 yang bermutasi menjadi varian baru B1525 terungkap setelah dilakukan penelitian terhadap seorang pasien berstatus sebagai PMI di Malaysia yang kembali ke Tanah Air melalui Batam sekitar dua bulan lalu.

"Dari hasil penelitian, ternyata pasien tersebut terinfeksi B1525, namun tidak menyebar luas," ujarnya.

Petugas PMI tersebut pulang ke Batam menggunakan kapal feri. Penelitian menunjukkan tidak ada orang-orang yang kontak dengan pasien tersebut. Petugas PMI tersebut dilaporkan mengalami gejala ringan, sehingga tidak dirawat melainkan melakukan isolasi mandiri di rumah singgah di Batam, sebelum kembali ke kampung halaman. 

 

Penelitian Berkala

COVID-19
Ilustrasi pandemi Corona | unsplash.com/@adamsky1973

 Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes melakukan penelitian secara berkala terhadap virus Corona dan juga mutasinya. Karena itu, Bisri belum bisa memastikan apakah ada pasien lainnya di Kepri yang terinfeksi Corona atau varian baru lainnya. 

Sebelumnya, telah diberitakan mengenai mutasi virus Corona B1525 pertama kali ditemukan di Inggris. 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓