Diary Fimela : Strategi Bisnis Arah Kopi Berkembang di Tengah Pandemi

Fimela Editor19 Apr 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 09:30 WIB
Arah Kopi

Fimela.com, Jakarta Bisnis kopi kekinian menjamur di Indonesia. Sekarang banyak anak muda yang memilih untuk nongkrong di kedai kopi untuk sekadar mengerjakan tugas, bertemu orang dan bersantai. Namun, semenjak pandemi datang kedai kopi yang semula dipadati pengunjung mengalami penurunan pendapatan. Apalagi dengan pembatasan kegiatan yang dilakukan pemerintah.

Di samping itu persaingan kedai kopi yang menyajikan kopi lokal yang mulai banyak dipasaran. Beberapa kedai kopi memilih untuk mundur dari persaingan dan melakukan pergantian jenis usaha. Arah Kopi tetap bisa bertahan di tengah pandemi bahkan memperluas jangkauan pasarnya.

"Outlet Arah Kopi Serpong Avenue ini hadir dengan konsep baru yakni menggabungkan pengalaman menikmati kopi sekaligus tempat berkumpul bersama rekan kerja, sahabat, komunitas maupun keluarga," ujar Akbar Kemas, Head of Creative Marketing Arah Kopi.

Dimulai tahun 2018, dan dengan melihat perkembangan bisnis kedai, Arah Kopi terbentuk guna ikut mengembangkan bisnis khususnya kopi di Indonesia dengan tujuan menghadirkan produk produk yang berkualitas. Arah Kopi menyajikan pilihan Kopi Lokal, yaitu dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan konsep fresh to cup dengan penyajian kami yang simple namun memiliki cita rasa yang khas dari Arah Kopi. Arah Kopi memilih metode business partnership sehingga sangat memungkinkan bagi kami untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia dan secara konsisten memberikan rasa yang khas dengan harga yang terjangkau.

Saat ini, Arah Kopi sudah memiliki 46 Outlet dan partner di Jabodetabek, Semarang, dan Solo. Kami bertujuan untuk menjangkau setiap provinsi di Indonesia. Melalui research yang konsisten dan menghadirkan produk-produk dengan rasa yang seArah dengan pecinta kopi. Arah Kopi yang berdiri kurang lebih tiga tahun, dan kami memiliki keyakinan bahwa kesuksesan besar kami adalah cinta dan support dari pelanggan kami. Produk unggulan Arah Kopi juga sangat sesuai dan cocok dengan selera dari berbagai jenis kelamin dan usia karena takaran resep yang pas.

Konsep Neighborhood dan Strategi Bisnis

Arah Kopi
Kisah Arah Kopi yang berkembang di tengah pandemi Corona.

Arah Kopi yang mengusung konsep Neighborhood sejak tahun 2018, ARAH Kopi terbentuk guna ikut mengembangkan bisnis khususnya kopi di Indonesia dengan tujuan menghadirkan produk-produk yang berkualitas. Arah Kopi menyajikan pilihan Kopi lokal, yaitu dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan konsep fresh to cup dengan penyajian yang simple namun memiliki cita rasa yang khas.

Rahasia dari Arah Kopi terletak di cara pemasaran dan model bisnisnya. “ARAH Kopi berkembang dengan memilih metode business partnership manajemen terpusat, sehingga sangat memungkin bagi kami untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia dan secara konsisten memberikan rasa yang khas dengan quality control yang baik,” tambah Akbar.

Strategi bersaing Arah Kopi lainnya juga datang dari Jackson, Direktur Utama Arah Kopi, “ Kami berusaha membuat produk yang sesuai dengan selera masyarakat indonesia agar penduduk kita bisa menikmati kopi berkualitas dari indonesia yang selama ini kita ekspor ke negara-negara lain. Sampai hari ini kita masih terus mengembangkan bagian ini, baik dari segi kualitas sdm, sistem IT sampai standard equipment. Jadi kita sadar bahwa kita masih jauh untuk mencapai standar produk yang ideal. Dalam jangka pendek kita ingin memperkenalkan arah kopi kepada penduduk pulau jawa, semoga pandemi dapat segera berlalu sehingga bisa lebih banyak lagi semangat baru untuk kita sama-sama memajukan Indonesia.”

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#elevate women

Arah Kopi
Kisah Arah Kopi yang berkembang di tengah pandemi Corona.
Lanjutkan Membaca ↓