Mengulik 5 Fakta menarik Pemakaman Pangeran Philip, Banyak Tidak Ikuti Tradisi Kerajaan

Nabila Mecadinisa19 Apr 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 16:29 WIB
Melihat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

Fimela.com, Jakarta Keluarga kerajaan Inggris baru saja melakukan proses pemakaman Pangeran Philip di Kapel St. George, Kastil Windsor, pada Sabtu, 17 April 2021. Namun, ada perbedaan di dalam prosesi pemakamannya. 

Selain karena situasi pandemi, masalah keluarga kerajaan pun menjadi pertimbangan yang menjadikan pemakanman sedikit berbeda. Selain jumlah tamu yang hadir, seragam yang dikenakan anggota keluarga kerajaan di pemakaman mendiang Pangeran Philip juga menuai pertanyaan publik. Lalu, tradisi apa saja yang tidak dilakukan di pemakaman Pangeran Philip? 

1. Keluarga kerajaan tidak memakai seragam militer

Tradisi yang mencolok pada pemakaman Pangeran Philip adalah seragam militer yang tidak dikenakan oleh anggota keluarga kerajaan. Kali ini mereka menggunakan jas dengan medali. Hal ini untuk menjaga perasaan Pangeran Harry yang sudah mengundurkan diri dari anggota keluarga kerajaan Inggris, sehingga Ratu juga sudah membebaskan Pangeran Harry dari tugas militer, sehingga Pangeran Harry tidak diperbolehkan menggunakan seragam militer. 

2. Pangeran Philip memilihj lagu pemakanannya

Melihat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Peti mati Pangeran Philip dari Inggris saat tiba di St. George's Chapel saat prosesi pemakaman di dalam Kastil Windsor di Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021). Pangeran Philip meninggal 9 April pada usia 99 tahun setelah 73 tahun menikah dengan Ratu Inggris Elizabeth II. (Justin Tallis/Pool via AP)

2. Pangeran Philip memilih lagu pemakanannya

Pangeran Philip menginginkan lagu “Eternal Father, Strong to Save,” lagu ini secara tradisional dikaitkan dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Semasa hidupnya, pangeran Philip menjalani dinas militer di Angkatan Laut Inggris. 

3. Hanya 30 undangan yang hadir

Pemakaman Pangeran Philip hanya dihadiri oleh 30 pelayat. Dikabarkan jika Ratu Elizabeth II mengalami kesulitan saat memilih anggota keluarga yang bisa menghadiri acara ini. 

 

4. Ajang reuni Pangeran Harry

Melihat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Pangeran William dan Pangeran Harry berjalan dalam prosesi di belakang peti mati Pangeran Philip, bersama anggota keluarga Kerajaan lainnya selama pemakaman Pangeran Philip Inggris di dalam Kastil Windsor di Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021). (Chris Jackson / Pool via AP)

Pangeran Harry memutuskan keluar dari anggota keluarga kerajaan Inggris, hadir di pemakaman kakeknya itu. Ia datang sendiri sementara istrinya, Meghan Markle, menyaksikan upacara pemakaman dari rumahnya di California. Pangeran Harry dan Pangeran William, ikut mengiringi saat peti mati Duke of Edinburgh dibawa ke Kastil Windsor untuk dimakamkan. Dalam prosesi ini keduanya berada di baris ketiga di belakang peti.

5. Kapel St. George bukan tempat peristirahatan terakhir Pangeran Philip

Menurut koresponden kerajaan CNN, Max Foster, jasad Pangeran Philip nantinya akan dipindahkan untuk dimakamkan berdampingan dengan Ratu Elizabeth II, ketika dia meninggal.

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓