Ramadan 2021: 4 Jenis Kurma dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Karla Farhana06 Mei 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 19:30 WIB
KURMA

Fimela.com, Jakarta Setiap Ramadan, kurma menjadi menu berbuka wajib. Sesuai dengan sunnah Rasul, umat Islam disarankan untuk berbuka puasa dengan tiga buah kurma dan minuman manis sebelum menyantap hidangan utama. 

Selama ini, banyak orang yang membedakan kurma berdasarkan asalnya. Ada juga sebutan Kurma Nabi yang dikenal sangat nikmat. Tak terlalu manis dengan tekstur kelembutan yang pas. 

Namun, tahukah kamu kalau kurma sebenarnya banyak sekali jenisnya. Masing-masing memiliki khasiatnya sendiri. Dengan kata lain, beda jenis, beda juga manfaatnya. 

Kamu penasaran? Dilansir dari Zeenews.India.com, berikut ini beberapa jenis kurma yang palung terkenal di dunia beserna manfaatnya untuk kesehatan. 

Kurma Safawi

kurma
Ilustrasi Kurma | pexels.com/@naimbic

Safawi atau juga kerap disebut dengan Kalmi merupakan jenis kurma yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Warnanya cokelat tua dengan kandungan 400 kalori setiap 7 buahnya. Kurma ini mengandung 93 persen karbohidrat. Karena itu, sangat baik untuk dikonsumsi orang-orang yang ingin meningkatkan berat badan. 

2. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa berwarna hitam dan kadang juga disebut sebagai Raja dari semua kurma. Di antara semua jenis kurma, Ajwa mengandung zat besi yang paling banyak. Selain itu, kurma jenis ini juga mengandung 700 mg potasium dan juga vitamin D. Kurma ini sangat baik dikonsumsi bagi pasien anemia dan juga orang yang menderita konstipasi. 

3. Kurma Sukkary

 

Salah satu kurma yang paling banyak dikonsumsi di Arab Saudi adalah kurma Sukkary yang mengandung rendah kalori. Sehingga, kurma ini sangat cocok dikonsumsi kamu yang sedang berdiet. Selain itu, kurma ini juga mengandung serat dan kalsium tertinggi di antara jenis kurma lainnya. Kurma ini berkhasiat untuk menyehatkan sistem pencernaan. 

4. Kurma Mabroom

Selain Sukkary, Mabroom juga mengandung serat yang banyak. Jika kamu mengalami konstipasi, atau juga ingin mengonsumsi lebih banyak kurma dalam sehari namun tidak ingin berat badan naik, sebaiknya kamu pilih kurma Mabroom. 

Nah, itu dia jenis-jenis kurma dengan khasiatnya. Kalau kamu, pilih kurma jenis apa? 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓