5 Makanan yang Membantu Menyembuhkan Penyakit Cacar Air

Kezia Prasetya Christvidya20 Apr 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 10:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Cacar air adalah penyakit yang biasanya dialami anak kecil. Tetapi kalau semasa kecil belum pernah mengalami cacar air, orang dewasa juga bisa terkena penyakit cacar air.

Cacar air ini merupakan penyakit yang menyerang kulit, yang disebabkan karena penyebaran virus, daya tahan tubuh yang sedang lemah, kebersihan yang kurang terjaga dan mengonsumsi makanan yang kurang menyehatkan.

Cacar air bisa disembuhkan dengan berbagai macam obat-obatan rekomendasi dokter. Cacar air juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Berikut makanan yang bisa membantu menyembuhkan cacar air, dilansir dari Brilio.net:

 

Penyebab Cacar Air

skincare-kezo
ilustrasi skincare/aslysun/shutterstock

Cacar air tidak hanya menyerang anak kecil saja. Cacar air bisa menyerang orang dewasa bahkan wanita yang sedang hamil. Orang dewasa yang terkena cacar air bisa mengalami komplikasi penyakit lainnya.

Pada umumnya, cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Cacar air juga bisa disebabkan karena kondisi lingkungan yang kotor dan mengonsumsi makanan yang kurang bergizi.

 

Penyakit cacar air termasuk penyakit yang menular. Orang yang bisa tertular penyakit ini adalah orang yang belum terkena virus varicella zoster sebelumnya dan belum mendapatkan vaksinasi cacar air. Penularan cacar air terjadi saat menghirup partikel yang berasal dari lepuhan cacar air, bersentuhan secara langsung dengan luka akibat cacar air dan menyentuh partikel lepuhan yang mendarat di suatu tempat.

Gejala Cacar Air

skincare-kezo
ilustrasi skincare/metamorworks/shutterstock

Gejala utama yang muncul pada saat terinfeksi cacar air adalah ruam, yang berubah menjadi bintil-bintil merah di kulit. Bintil-bintil tersebut berisi cairan yang menyebabkan gatal dan gejala ini akan muncul setelah 10 hingga 21 hari terinfeksi virus ini.

Bintil cacar air ini bisa muncul di wajah, tangan, kaki atau diseluruh tubuh, dengan ditandai demam tinggi, tubuh sangat lelah, kepala pusing dan napsu makan hilang.

Pada beberapa kondisi, cacar air juga ditandai dengan munculnya rasa nyeri di seluruh tubuh atau otot, mual, wajah terlihat pucat dan suasana hati yang mudah berubah.

Makanan Penyembuh Cacar Air

makanan-kezo
ilustrasi makanan/Cats Coming/pexels

Sebenarnya belum ada obat khusus yang bisa menyembuhkan cacar air. Biasanya orang yang terkena cacar air diberikan obat penurun demam, bedak dingin, sabun dan pelembap untuk kulit. Tetapi menyembuhkan cacar air juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang menyehat. Berikut makanan untuk menyembuhkan cacar air:

1. Alpukat

Makanan pertama yang bisa membantu menyembuhkan cacar air adalah alpukat. Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan mineral, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1 yang bisa membantu memulihkan cacar air.

2. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang bisa dikonsumsi secara langsung. Bawang putih ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan luka.

3. Jahe

Jahe adalah rempah yang bermanfaat untuk tubuh. Karena jahe memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba, yang bisa mencegah penularan virus dan menyembuhkan infeksi.

4. Kacang Hijau

Makanan yang selanjutnya adalah kacang hijau yang memiliki kandungan mineral, vitamin B dan protein. Kandungan tersebut bisa membantu memperbarui sel imun yang rusak, akibat diserang virus penyebab cacar air.

5. Tomat

Tomat juga memiliki kandungan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan naspsu makan, mengurangi peradangan pada tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Lanjutkan Membaca ↓