3 Cara Bangkitkan Rasa Bahagia Menurut Ahli

Fimela Editor20 Apr 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 10:00 WIB
Es krim

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan penuh sukacita dan penuh kebahagiaan. Menjalani puasa di kala pandemi secara bersamaan akan sangat menantang. Saat ada masalah kita punya pilihan untuk tetap bahagia atau malah menyalahkan keadaan.

Menurut seorang psikolog klinis, Tara de Thouars, BA, M.Psi, Psi, “Kebahagiaan adalah sesuatu yang didapatkan karena usaha kita, dengan memilih untuk berbagi kebahagiaan hidup kita akan lebih bermakna. Kita bisa berbagi dengan sahabat, saudara, orang tua bahkan pasangan.” Untuk menambah kebahagiaan selama pandemi ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Menerima Keadaan dan Bersyukur

Tips pertama ini penting untuk kamu ketahui. Kita tidak bisa merubah keadaan yang sudah terjadi. Oleh sebab itu, jangan menyesali keadaan. Jangan menggantungkan kebahagiaan kepada keadaan yang tidak pasti. Kita harus tahu bahwa setiap orang punya masalahnya sendiri, jika masalahnya terletak di pandemi semua orang di dunia mengalaminya. Untuk beberapa orang menerima keadaan seringkali diartikan dengan pasrah. Padahal menerima keadaan itu artinya kita beradaptasi dan melakukan sesuatu yang positif.

Happy Choice : Mengerjakan sesuatu yang kita sukai

menimbulkan rasa bahagia
Tips bahagia dari para ahli.

Happy Choice :  Mengerjakan sesuatu yang kita sukai 

Setelah menerima keadaan, sekarang tentukan happy choice atau pilihan untuk bahagia untuk diri sendiri. Semua orang punya hobi dan aktivitas yang bisa menaikan dan berpengaruh pada moodnya. Banyak orang menyebutnya ‘Me Time’ atau waktu yang diluangkan untuk menikmati diri sendiri. Jika kamu merupakan ekstrovert yang suka dikelilingi banyak orang ada baiknya untuk menjalin komunikasi dengan kerabat, saudara dan orang yang dicintai meski secara daring. 

 

Berbagi Kebahagiaan 

Berbagi Kebahagiaan dalam hal ini bisa melalui materi atau non materi. Bentuk berbagi kebahagiaan non materi yang sangat mudah dilakukan adalah dengan bertegur sapadengan kawan lama lewat daring dan memberikan konten positif di media sosial. Didukung dengan momen Ramadan berbagi jadi lebih mudah dilakukan. Meskipun tidak merayakan Ramadan kita bisa menjalin silaturahmi dengan teman atau kerabat terdekat dengan mengirimkan makanan, seperti es krim. 

Hal ini dilakukan oleh Reza Chandika, presenter dan content creator yang mengatakan, “Sebenarnya berbagi kebahagiaan bisa bermula dari hal simpel. Bentuk sederhana dari berbagi adalah memberikan mengirimkan es krim ke rumah sahabat.  Jika  bingung untuk memulai aksi berbagi, kamu bisa ikut dalam kampanye #BerbagiJadiHappy persembahan dari Wall’s Indonesia.” 

“Dengan mengirimkan Hampers Lebaran dari Wall’s Viennetta atau memberikan sumbangan lewat Benih Baik, kita sudah berpartisipasi dalam kampanye #BerbagiJadiHappy.  Hampers Sultan Vienetta mengajak masyarakat berbagi kepada kerabat terdekat selama Ramadan.  Sumbangan lewat Benih Baik akan dibagikan berupa 29.000 es krim gratis kepada para pahlawan Covid yang sering terlupakan , seperti petugas ambulans, satpam rumah sakit dan tenaga medis. Wall’s Indonesia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mengikuti kampanye bertajuk #BerbagiJadiHappy dengan berbagi kisah aksi kebaikan selama Ramadan di media sosial,” kata Bernardus Rendita Kusumo, Senior Brand Manager Wall’s Indonesia. 

Di setiap belahan dunia, Wall's terus berusaha membuat Semua Jadi Happy. Kini, Wall's mengukuhkannya dengan menjadi sponsor resmi dari World Happiness Report yang diprakarsai oleh PBB (United Nations Sustainable Development Solutions Network). Ini adalah komitmen Wall's untuk menaikkan tingkat kebahagiaan setiap negara dengan menjadikan penguatan hubungan sosial sebagai salah satu kunci.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓