Pasangan Sempurna Itu Biasanya yang Justru Menikmati Perbedaan

Endah Wijayanti20 Apr 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 10:45 WIB
definisi pasangan yang sempurna

Fimela.com, Jakarta Setiap individu pasti punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Diri kita sendiri pun pasti punya banyak hal yang senantiasa ingin terus kita perbaiki dan tingkatkan. Menjadi pribadi yang benar-benar sempurna tampaknya bukan hal  yang bisa dicapai dengan mudah.

Dalam mencari pasangan, biasanya kita memiliki sejumlah standar tertentu. Kita punya kriteria tertentu tentang pasangan ideal yang ingin kita dapatkan. Hanya saja perlu kembali kita ingat bahwa tak ada individu yang benar-benar sempurna, begitu pula dengan sosok pasangan kita.

Kekurangan dan Perbedaan Perlu Diterima dengan Terbuka

"Perfect couple itu bukan dua orang yang sama-sama sempurna, tapi dua orang yang bisa menikmati kekurangan dan perbedaan," begitulah sebuah kutipan yang ada di buku Menjadi Hamba Menjadi Manusia. Dijelaskan lebih lanjut bahwa di situlah letak bahagia. Bahagia dan sedih tergantung berdua. Menikah pun tidak akan selalu cocok dengan bayangan kita. Ada saja hal-hal yang kurang atau masih perlu diperbaiki. Saat menikah, kita menikahi manusia biasa yang bisa juga keliru atau berbuat salah, sama seperti diri kita sendiri. Jadi, saling menerima kekurangan dan perbedaan bisa jadi langkah awal untuk membangun hubungan yang lebih langgeng.

Pernikahan adalah Perjalanan Panjang

ramadan 2021 dan soal pernikahan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/AIFAT+LI

Pernikahan adalah perjalanan panjang. Dalam perjalanannya, akan ada banyak hal baru hingga masalah baru yang ditemui. Bahkan kita akan menjumpai banyak sisi baru pasangan yang mungkin sebelumnya tidak kita ketahui. Akan ada gesekan-gesekan perbedaan yang terjadi. Jika tidak bisa saling menerima dan terbuka soal perbedaan yang ada, sulit untuk bisa berjalan selaras dalam pernikahan.

Kekurangan dan Kelebihan adalah Bagian dari Diri Setiap Manusia

Ini adalah kenyataan yang tak bisa kita pungkiri. Selalu ada perbedaan yang dimiliki setiap pasangan. Akan selalu ada hal-hal yang perlu dikompromikan bersama. Bahkan pasangan sempurna pun masih akan berkonflik atau bertengkar. Dengan menyadari bahwa kekurangan dan kelebihan adalah bagian dari diri setiap manusia, termasuk pasangan sendiri, maka kita bisa lebih mudah dalam membangun komitmen jangka panjang untuk menjaga keutuhan hubungan.

Perbedaan Memberi Warna Tersendiri dalam Hubungan

Setiap pasangan punya keunikan sendiri. Punya karakter sendiri. Perbedaan yang ada bahkan bisa jadi warna sendiri. Selain kesamaan yang dimiliki, perbedaan dalam sebuah hubungan bisa memicu proses untuk senantiasa mendewasakan diri. Selama masih selaras dalam menjalin hubungan dan selama masih sejalan serta punya harapan yang sama soal masa depan, maka hubungan bisa senantiasa dipertahankan.

Semoga hubunganmu dengan pasanganmu senantiasa langgeng, ya. Bagi yang sedang mencari jodoh atau pasangan, semoga bisa menemukan sosok yang senantiasa bisa diajak untuk berkompromi soal perbedaan dan saling menguatkan satu sama lain.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓