6 Tips Tetap Termotivasi untuk Aktif Bekerja di Bulan Ramadan

Gayuh Tri Pinjungwati20 Apr 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 13:15 WIB
single berhijab

Fimela.com, Jakarta Bekerja di bulan Ramadan memang bermanfaat tetapi bukannya tanpa tantangan. Pada saat inilah kita cenderung mengeluh atau merasa tidak berenergi. Tentunya bekerja juga merupakan ibadah terlebih jika dirimu tidak terlalu banyak mengeluh. Namun, jangan khawatir lagi, beberapa tips berikut ini mungkin bisa memotivasi dirimu untuk tetap aktif bekerja di bulan Ramadan.

1. Bertekad

Maukah dirimu bekerja dengan semangat dan energi? Meskipun kita mungkin menghadapi lebih banyak tantangan selama Ramadan karena kewajiban agama seperti menahan diri dari rasa lapar dan emosi serta pikiran negatif, pastikan dirimu melakukannya dengan motivasi. Jika sudah ditentukan, tips selanjutnya akan mudah diikuti.

2. Makan Sahur Secukupnya

Ingat, saat dirimu mengisi energi saat sahur dan berbuka puasa, dirimu tidak perlu makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan akan membuatmu merasa mengantuk dan tidak berenergi. Pilih menu seimbang seperti karbohidrat, protein, dan serat dalam asupan. Makanan yang mengandung serat membantumu kenyang lebih lama. Juga, makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

3. Sesuaikan Waktu Tidur

single berhijab
Ilustrasi/copyrightshutterstock/feeling lucky

Ada dua jadwal tidur yang harus diperbaiki, pertama jadwal malam. Jika dirimu memiliki kebiasaan tidur larut malam, lebih baik untuk mengubahnya. Cobalah untuk tidur lebih awal karena dirimu juga harus bangun lebih awal daripada di bulan-bulan selain Ramahan. Jadwal kedua setelah sahur dan sholat subuh. Mungkin lebih baik jika dirimu tidak terus tidur karena bisa membuatmu merasa lesu setelahnya. Lebih baik melanjutkan olahraga atau aktivitas memberi energi lainnya. Jika dirimu harus berada di kantor pada pagi hari, dirimu dapat segera berangkat.

Bagian penting dari Ramadan adalah ketaatan pada ritual ibadah. Jika ibadah yang konsisten adalah perjuangan sebelum bulan berkah, Ramadan adalah momen untuk dirimu meningkatkannya. Last but not least, beribadah dengan semua ketulusan.

4. Sertakan Aktivitas Lain Selama Bekerja Agar Tetap Bersemangat dan Berenergi

Manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk melakukan beberapa aktivitas yang membuatmu segar dan rileks seperti berolahraga, jalan-jalan di kantor, atau sesekali mengobrol dengan rekan kerja. Dirimu juga dapat menggunakan istirahat makan siangmu untuk tidur siang singkat selama 20-30 menit. Aktivitas ini akan membantumu merasa segar dan siap bekerja kembali.

5. Hindari Kafein

Di hari-hari biasa, kafein bisa membantu kita merasa waspada terutama saat kita merasa mengantuk. Namun, saat bulan puasa, tidak disarankan mengonsumsi kafein saat sahur atau berbuka puasa karena dapat melukai perut dan membuatmu merasa mual.

6. Jaga Kesehatan

Tubuhmu adalah milikmu, kenali itu. Hindari makanan tidak sehat, aktivitas non produktif dan sejenisnya. Jika dirimu sehat, dirimu dapat mengatasi semua tantangan dan bekerja dengan optimal.

Mungkin akan terasa berat saat dirimu berpuas dan harus bekerja, namun jika dirimu melakukan dengan ikhlas itu akan menjadi berkah untukmu.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓