4 Tips Mencintai Diri Sendiri dengan Cara yang Lebih Sehat

Gayuh Tri Pinjungwati21 Apr 2021, 07:45 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 07:45 WIB
self love-kezo

Fimela.com, Jakarta Cinta diri adalah saat dirimu menerima, mengakui, dan menghargai diri sendiri. Itu adalah saat dirimu menikmati tindakan yang mendukung pertumbuhan mental, emosional, fisik, dan sosialmu. Itu juga memprioritaskan kebutuhanmu sendiri dan berusaha untuk mengeluarkan potensi buruk dari dalam dirimu.

Cinta diri dapat memiliki definisi yang berbeda untuk orang yang berbeda. Yang penting adalah mengidentifikasi apa artinya bagimu dan kemudian mempraktikkannya secara konsisten untuk kesejahteraanmu. Sama seperti kemarahan dan kebencian yang ditekan tidak memiliki pelepasan emosional karena kita tetap diam atau menguburnya jauh ke dalam hati kita, tubuh terkadang mewujudkannya melalui penyakit. Nah, berikut ini adalah beberapa tips mencintai diri sendiri dengan cara yang lebih sehat.

1. Melapaskan Amarah dengan Cara yang Sehat

Jika Sahabat Fimela perlu berteriak, teriaklah. Dianjurkan untuk berteriak ke bantal. Dirimu juga bisa melepaskan amarah dengan melakukan percakapan dengan orang yang membuatmu marah dan dirimu pasti akan merasa lebih tenang setelah mengamuk. Seringkali menulis di jurnal juga dapat membantu melepaskan amarah. Dirimu juga bisa menulis surat kepada orang yang menyakitimu. Lepaskan semua amarahmu di dalamnya. Setelah itu, robek atau bakar surat itu, jangan kirimkan ke orang tersebut. Bicaralah dengan orang tersebut hanya setelah dirimu tenang dan dapat mengungkapkan perasaanmu dengan cara yang konstruktif.

2. Memaafkan

Pengampunan bisa membantumu menyingkirkan beban dan langsung membuatmu merasa lebih ringan. Ini juga membantu dalam mengembangkan pola pikir berkembang. Saat dirimu memaafkan, dirimu membersihkan blok energi negatif di tubuhmu, membantumu fokus pada tugas-tugas produktif.

3. Pahami Bahwa Dirimu Tak Bisa Mengendalikan Segalanya

self love
Ilustrasi/copyrightshutterstock/sun ok

Meskipun mengambil alih hidup sangat penting, lebih sering orang mengacaukannya dengan kontrol. Kendalikan hanya apa yang dirimu bisa untuk membuat dirimu merasa lebih baik. Miliki keyakinan dan percayalah pada alam semesta.

4. Lakukan Pembicaraan Diri yang Positif

Seperti makanan yang baik menyehatkan tubuh, memberi asupan pikiran dengan pikiran positif. Penegasan diri yang kuat dapat secara signifikan meningkatkan tingkat kepercayaan dirimu dan membuatmu siap menghadapi tantangan ke depan.

Sebelum dirimu mencintai orang lain ada baiknya untuk tetap mencintai diri sendiri. Ini sangat dibutuhkan. Ketika dirimu merasa bahagia, yakinlah orang yang ada di sekitarmu juga akan merasakan kebahagiaan tersebut.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓