4 Tips Sederhana dan Efektif untuk Tetap Positif saat Bekerja dari Rumah

Gayuh Tri Pinjungwati21 Apr 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 09:15 WIB
wfh

Fimela.com, Jakarta Meskipun bekerja dari rumah selama pandemi tentu saja merupakan berkah, terlalu banyak hal tersebut dapat mengganggu kesehatan mental seseorang. Bekerja dari rumah bisa membuatmu merasa kesepian, cemas, dan stres.

Selain itu, karena dirimu tidak lagi memiliki batasan antara kehidupan pribadi dan profesional, mungkin sulit untuk menyelesaikan pekerjaan dan pekerjaan rumah tangga. Terkadang, sulit juga untuk berkonsentrasi ketika dirimu terus-menerus dikelilingi oleh gangguan. Jadi, berikut ini beberapa tips sederhana namun efektif untuk tetap positif dan bahagia saat bekerja dari jarak jauh.

1. Tentukan Tempat Kerja

Batasi area kerja, dengan menyiapkan ruang kerja. Memiliki ruang terpisah untuk bekerja dan menghadiri panggilan dan rapat kantor. Ini akan membantumu lebih fokus akan pekerjaanmu. Ini juga akan membantumu meningkatkan konsentrasi.

2. Ciptakan Batasan

Jangan terjebak pada jam kerja ekstra atau menghadiri panggilan kerja setelah jam kerja selesai. Hanya karena dirimu bekerja dari rumah, tidak berarti dirimu selalu tersedia. Ciptakan batasan antara kehidupan profesional dan pribadimu dan jangan biarkan batasan menjadi kabur.

3. Tetap Terhubungan dengan Teman

Tips Jalani WFH dan Virtual Meeting dengan Tampilan Makeup Prima
Walaupun WFH, tampilan makeup tetap harus terlihat prima. Terutama untuk kamu yang kerap menjalankan virtual meeting. Yuk simak tips seru dari Dear Me Beauty berikut ini./ Photo by Icons8 Team on Unsplash

Tidak hanya dengan rekan kerja, tetapi juga dengan temanmu. Terkadang karena dirimu sibuk dengan pekerjaan sepanjang hari, dirimu tidak benar-benar punya waktu untuk mengobrol dengan teman-temanmu. Jadi luangkan waktu dan berinteraksilah dengan teman-teman melalui panggilan video atau dengan mengirim pesan kepada mereka.

4. Miliki Rutinitas

Ya, kita tahu dirkmu tidak perlu pergi ke mana pun dan karenanya, tidak ingin bangun pagi. Tetapi berpegang teguh pada rutinitas dan bangun tepat waktu setiap hari tidak hanya akan membuatmu lebih produktif tetapi juga membantu merasa efisien dan aktif.

Nah, meskipun bekerja dari rumah, tetap ya Sahabat Fimela harus menentukan batasan. Ketika sudah memasuki jam bekerja tetap fokus dengan pekerjaan, dan ketika waktunya untuk beristirahat ada baiknya untuk memprioritaskan diri sendiri.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓