Serba-Serbi Kuliner Nusantara Khas Ramadan yang Bisa Dicoba di Rumah dengan Mudah

Iwan Tantomi20 Apr 2021, 19:28 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 13:49 WIB
Serba-Serbi Kuliner Nusantara Khas Ramadan yang Bisa Dicoba di Rumah dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Selalu ada yang dirindukan saat Ramadan datang, termasuk salah satunya adalah kuliner. Apalagi ada banyak sekali kuliner nusantara yang adanya di bulan puasa saja, jadi makin antusias untuk mencobanya. Hanya saja situasi yang terjadi saat ini, membuat ngabuburit jadi nggak bisa leluasa.

Akibatnya, mau nggak mau, Ramadan harus dijalani di rumah saja. Untungnya dengan adanya teknologi, kamu kini bisa membuat serba-serbi kuliner nusantara khas Ramadan dengan mudah di rumah. Bahkan, kamu bisa membuatnya dengan satu alat masak saja lho.

Lemang Khas Aceh

Lemang Khas Aceh
credit via shutterstock

Pertama ada Lemang, makanan berbahan dasar ketan yang dikukus dalam daun pisang. Makanan ini sangat harum, juga bisa dibuat sendiri di rumah. Lemang sangat terkenal di Aceh selama Ramadan. Cara jualnya pun sangat unik, setiap 50-60cm dihargai sekitar Rp50 ribu. Biasanya Lemang disantap dengan rendang, telur, atau lauk-pauk lainnya. Buat yang suka manis, Lemang juga enak disantap dengan selai, serikaya, hingga buah-buahan seperti durian.

Soto Pangkong Khas Pontianak

Soto Pangkong Khas Pontianak
credit via shutterstock

Ingin menikmati sajian soto yang berbeda selama Ramadan? Kamu bisa mencoba Soto Pangkong khas Pontianak. Alih-alih menggunakan daging sapi, soto ini justru menggunakan daging cumi kering yang dibakar lebih dulu. Tentu saja daging cumi kering ini bisa kamu dapatkan di supermarket tanpa harus ribet-ribet membakarnya lebih dulu. Jangan lupa pukul-pukul sedikit daging cuminya biar lebih empuh, baru kemudian sajikan dengan kuah soto dengan bumbu yang kini banyak tersedia kemasannya.

Kicak Khas Yogyakarta

Kicak Khas Yogyakarta
credit via shutterstock

Bagi yang pernah jalan-jalan, tinggal atau kuliah di Yogyakarta, tentu familiar dengan Kicak. Makanan satu ini begitu populer di Yogykarta saat bulan Ramadan. Biasanya kuliner tradisional ini banyak ditemukan di Pasar Sore Kauman Yogyakarta. Namun, kamu bisa membuat makanan berbahan dasar singkong ini sendiri di rumah. Tinggal kukus beberapa singkong, lalu taburi dengan parutan kelapa di atasnya.

Gulai Ciput Khas Kepulauan Riau

Gulai Ciput Khas Kepulauan Riau
credit via shutterstock

Bosan dengan gulai daging atau ayam? Kamu bisa coba bikin gulai ciput yang banyak disajikan selama Ramadan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Ciput punya kemiripan dengan cucut. Kamu tinggal merebusnya dalam kuah dengan bumbu gulai seperti biasanya.

Kabar baiknya lagi semua serba-serba kuliner nusantara khas Ramadan tersebut bisa kamu coba di rumah dengan satu alat masak saja. Apa lagi kalau bukan Tiara Pot Pro. Produk terbaru dari jajaran Tiara Pot Smart Multicooker produksi Polytron ini bisa diandalkan kaum urban yang ingin masak sehat, praktis tapi tetap lezat.

Tiara Pot Pro
credit: Tiara Pot Pro

Nggak terkecuali beragam kuliner nusantara khas Ramadan tersebut. Sebab, Tiara Pot Pro dilengkapi dengan 12-in-1 Function Cook Mode, yang membuatmu bisa masak nasi, rebus, soup, biji-bijian, kacang, bubur, manual, kukus, slow cook, yogurt, presto dan tumis. Masak pun jadi lebih efisien, nggak perlu khawatir bau asap, sekaligus praktis karena bisa kamu tunggu sembari mengerjakan kegiatan lain.

Selain itu, Tiara Pot Pro juga dibekali beberapa fitur unggulan, seperti Smart Stream Release berupa katup uang yang mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi, sehingga dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai masak. Ada pula fitur Worry-free Cooking berupa smart program yang memungkinkan kamu mengatur dan meninggalkan Tiara Pot Pro untuk memasak sendiri dengan aman.

Makin lengkap lagi, Tiara Pot Pro juga memiliki fitur Clear & Simple Control dengan pengaturan smart program yang memudahkanmu memasak dengan menakan tombol, untuk memberitahu saat makanan sudah siap. Serta dengan fitur Faster Family Meal, kamu bisa memasak 70% lebih cepat dibanding metode masak tradisional. Anggota keluarga di rumah pun nggak perlu menunggu lama untuk menikmati lezatnya kuliner nusantara khas Ramadan hasil kreasimu.

Kabar baiknya lagi, Tiara Pot Pro juga membagikan beberapa resep menarik yang bisa kamu coba di rumah dengan scan QR Code. Nantinya semua bahan yang diperlukan dari resep tersebut bisa kamu pesan secara online, karena Tiara Pot Pro bekerjasama dengan Sayurbox.id. Dapatkan beragam resep menggunakan Tiara Pot Pro di sini.

Lanjutkan Membaca ↓