5 Hal Menarik Tentang Bulan Ramadan yang Perlu Diketahui

Febi Anindya Kirana21 Apr 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 16:45 WIB
perempuan muslim

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela yang menjalankan puasa Ramadan pasti akan merasakan bahwa ada banyak hal yang berbeda terjadi hanya di Bulan Ramadan yang tidak ditemukan di bulan lainnya, misalnya ibadah tarawih, bertebarannya para penjual takjil dan lain sebagainya.

Meskipun tahun ini pandemi juga menambah berbeda suasana Ramadan, namun secara umum ada beberapa hal mengenai Bulan Ramadan yang perlu diketahui, seperti dikutip dari straitstimes.

1. Pelaksanaan Ramadan selalu berubah setiap tahunnya

Bulan Ramadan tidak mengikuti siklus kalender masehi setiap tahunnya. Agama Islam memiliki kalender sendiri dalam mempenghitungkan hari, termasuk dalam menentukan datangnya Ramadan. Bulan Ramadan umumnya akan datang beberapa hari lebih awal dari tahun lalu.

2. Puasa adalah salah satu rukun Islam

Islam memiliki 5 pilar yang disebut Rukun Islam, dan puasa merupakan salah satu dalam pilar tersebut, tepatnya merupakan rukun Islam ke-4. Puasa bertujuan menumbuhkan disiplin diri dan mengarahkan hati jauh dari nafsu dan pikiran negatif. Puasa Ramadan juga memiliki hukum wajib dijalankan bagi pemeluk agama Islam.

3. Puasa bukan hanya menahan haus dan lapar

ramadan
ilustrasi perempuan/Photo by Muhammad Ruqiyaddin on Unsplash

Puasa diartikan sebagai menahan diri, termasuk menahan diri dari nafsu, emosi dan melakukan perbuatan buruk. Puasa juga merupakan cara untuk membersihkan jiwa dari prasangka buruk, dan sebagai gantinya adalah dengan mendekatkan diri ke Allah SWT. Bulan Ramadan Menjadi sarana untuk memperbaiki diri, belajar lebih menerima, iklas dan memaafkan kesalahan.

4. Ibadah lebih dikuatkan

Selama Ramadan berdoa dan beribadah lebih diutamakan, terlihat dari lebih seringnya diadakan salat yang disebut salat tarawih, seringnya mengaji dan membaca Al Qur'an di masjid. Tidak lupa memanjatkan doa yang diinginkan karena kabarnya Allah SWT lebih mudah mengabulkan doa yang dipanjatkan saat berpuasa Ramadan.

5. Tidak semua umat muslim diharuskan puasa

Meskipun puasa Ramadan hukumnya wajib, tapi ada beberapa jenis orang yang diperbolehkan tidak berpuasa, misalnya orang tua yang sudah tidak mampu berpuasa, orang yang sedang sakit hingga tidak memungkinkan berpuasa, orang yang sedang menjalani perjalanan jauh, atau wanita hamil dan menyusui, dengan catatan harus membayarnya di lain waktu. Perempuan yang sedang haid juga tidak diperbolehkan puasa namun harus membayar puasa yang belum sempat dikerjakan di hari lain. Anak-anak yang belum mencapai pubertas juga masih diperbolehkan tidak puasa tanpa harus membayar hutang puasa.

Itu dia beberapa hal tentang Bulan Ramadan yang tetap perlu diketahui dan diingat meskipun sebagian besar dari Sahabat Fimela pastinya sudah mengetahui hal ini.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓