Sukses

Lifestyle

Awalnya Lucu, Aksi Kucing Merobek Kertas Bisa Memicu Gangguan Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Banyak kucing yang suka merobek dan mengunyah berbagai kertas yang bisa ditemukannya di rumah. Mulai dari tisu toilet, boks karton tempatnya bersembunyi, wallpaper yang mencuat, hingga tagihan yang tanpa sengaja jatuh ke lantai.

Awalnya memang lucu melihat aksinya, tapi bisa berubah jadi kebiasaan buruk bahkan memicu gangguan kesehatan. Pahami dulu alasan di balik perilakunya dan ubah dengan tips ampuh ini.

Didorong Rasa Bosan

Kebanyakan kucing mencabik-cabik kertas karena bosan. Anabulmu mungkin akan merasa senang saat berhasil menarik wallpaper dari tembok atau mengulur tisu toilet di kamar mandimu. Untungnya, kebosanan dapat dihindari dengan menjadwalkan sesi bermain harian denganmu. selain itu, kecemasan atau stres juga dapat menjadi alasan di balik aksi uniknya ini. Konsultasikan dengan dokter hewanmu untuk mendapatkan solusi tepat dalam mengurangi masalahnya.

Insting Alami untuk Berburu

Menyobek kertas bisa jadi salah satu caranya untuk memuaskan keinginan alami kucing untuk berburu. Dengan cakar dan giginya, kucing di alam liar akan merobek mangsanya sebelum memakannya. Berbeda dengan kucing rumahan yang memiliki jadwal makan tetap, bantu anabul mempertahankan instingnya dengan menyediakan banyak mainan untuk membuatnya tetap sibuk.

Simulasikan adegan berburu dengan menempelkan mainan ke ujung tongkat dan menggerakkannya untuk memicu perilaku menguntit dan menerkam mangsanya. Tawarkan mainan, camilan lezat, atau biarkan anabul melewati terowongan kantong kertas sebagai treat.

Mengatasi Kebiasaan Merobek Kertas

Jika perilaku ini berubah menjadi kebiasaan yang menjengkelkan, coba mengurangi minatnya berburu kertas. Misalnya memiliki area wallpaper favorit yang suka disobek, coba letakkan selembar plastik di sepanjang jalan di depannya untuk menghadirkan sensasi yang tidak disukai oleh kucing. Bisa juga memberikan aroma jeruk di dekat gulungan tisu toilet atau langkah terakhir dengan membatasi aksesnya ke rak, lemari atau ruangan yang penuh dengan kertas.

Mulai Memakan Kertas

Walau merobek kertas seringkali tidak berbahaya, kucingmu terkadang mulai memakannya dan menyebabkan gangguan pencernaan. Konsultasikan dengan dokter hewanmu karena bisa jadi merupakan gejala dari masalah gigi atau kekurangan nutrisi.

Jika hal ini yang jadi penyebab aksi merobek-robek kertas, atasi dengan memilih cat food yang tepat seperti Muezza. Dibuat dari bahan alami, brand makanan kucing kering ini melibatkan ahli gizi dan teknologi modern dalam pembuatannya. Bebas dari bahan tambahan sintetik, dry food ini membantu menjaga kesehatan kucing dan membebaskan pemilik kucing dari rasa khawatir.

Pasalnya, Muezza sudah mendapatkan label halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, yang membuatmu leluasa memegang makanannya, mencari lokasi penyimpanan, membawanya bepergian, hingga mencuci piring makannya di dapur. Ada 4 varian rasa yang cocok di lidah kucing, mulai dari Salmon Flavor, Ocean Fish Flavor, Mackerel Flavor, hingga Tuna Flavor yang jadi best seller. Buktikan sendiri kualitas cat food yang satu ini dengan memesannya secara langsung di Shopee dan Tokopedia! (*/eth)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading