5 Tips Buka Puasa agar Tidak Alami Kenaikan Berat Badan selama Ramadan

Febi Anindya Kirana22 Apr 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 15:15 WIB
buka puasa

Fimela.com, Jakarta Umumnya karena minggu pertama atau awal-awal puasa dan belum terbiasa, tidak sedikit dari kita yang menjalankan ibadah puasa Ramadan kurang memerhatikan pola makan. Mentang-mentang menahan haus dan lapar selama seharian penuh, lantas buka puasa sembarangan dengan memilih makanan dan minuman secara berlebihan.

Agar puasa Ramadan tidak malah menjadikanmu mengalami kenaikan berat badan, ini sekian tips makan sehat agar buka puasa tidak malah menjadi pemicu kenaikan berat badan.

1. Minum air putih lebih dulu

Lepaskan dahaga buka puasa dengan minum air putih lebih dulu. Air putih sangat baik membasahi tenggorokan setelah dehidrasi selama seharian sekaligus mengurangi keinginan makan berlebihan.

2. Makan dan minum manis secukupnya

Doa Berbuka Puasa Ganti (Qadha)
Ilustrasi Membaca Doa Berbuka Puasa Credit: shutterstock.com

Setelah minum air satu gelas, makan atau minumlah sesuatu yang manis, bisa dengan kurma, buah-buahan atau minuman manis lainnya karena bagaimana pun tubuh membutuhkan karbohidrat yang mudah diubah menjadi tenaga saat buka puasa. Tapi pastikan porsinya tidak berlebihan.

3. Hindari makanan penyebab haus

Saat buka puasa, kurangi atau hindari makanan yang dapat menyebabkan haus seperti makanan berupa gorengan, bersantan, terlalu asin dan manis.

4. Perbanyak makanan bergizi

Kurangi makan nasi dan ganti dengan perbanyak buah dan sayuran. Tubuh butuh serat untuk membuat perut kenyang sehingga tidak tertarik ngemil makanan tinggi kalori namun rendah gizi.

5. Hindari buka puasa dengan makanan instan

Pastikan juga tidak terbiasa makan makanan instan untuk sajian buka puasa. Makanan instan umumnya tinggi garam, kalori dan rendah gizi sehingga lebih mudah memicu kenaikan berat badan.

Itu dia sekian tips yang bisa diterapkan jika ingin buka puasa sehat tanpa berisiko mengalami kenaikan berat badan selama bulan Ramadan.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓