Penelitian Membuktikan, Tipe Komitmen Seperti Ini yang Bisa Jaga Hubungan Cinta

Febi Anindya Kirana22 Apr 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 16:45 WIB
pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Hubungan pernikahan tidak begitu saja selesai tantangannya setelah sah di mata agama dan hukum. Faktanya, akan ada lebih banyak lagi tantangan yang menguji ikatan hubungan cinta. Itulah mengapa cinta saja seringkali tak cukup untuk bisa menjaga hubungan cinta.

Dibutuhkan komitmen agar pernikahan bisa bertahan. Namun tahukah kamu komitmen seperti apa yang dibutuhkan agar hubungan cinta bisa bertahan? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology menemukan bahwa jenis komitmen yang kamu bangun dalam hubungan cinta menentukan seberapa kuat hubungan itu akan bertahan.

Komitmen yang jamin hubungan cinta

pasangan cinta
ilustrasi pernikahan bahagia/Photo by Hiển Nguyễn from Pexels

Penelitian yang melibatkan 1.184 orang dewasa Amerika yang menjalani hubungan cinta ini menemukan bahwa ada empat jenis komitmen yang bisa dibedakan dan tiga di antaranya mampu menjaga tingkat stabilitas hubungan yang tinggi dan bahkan menjadi prediksi pasangan bisa tetap bersama.

Ketiga jenis komitmen tersebut adalah komitmen interpersonal, komitmen tekanan sosial dan komitmen ikatan 'material'. Dijelaskan bahwa komitmen interpersonal adalah ketika ada perasaan positif terhadap pasangan dan keinginan untuk tetap bersama, dan komitmen inilah yang terbaik yang harus dimiliki pasangan.

Sedangkan komitmen tekanan sosial adalah ketika adanya tekanan dari lingkungan yang mengharuskan pasangan tetap bersama, yang mana ketika mereka memutuskan berpisah maka akan melukai citra diri masing-masing, dan komitmen ikatan 'material' yang melibatkan adanya anak atau harta gono gini yang sulit dipisahkan.

Komitmen terakhir yang rentan membuat pasangan berpisah adalah perasaan terkekang. Kebersamaan dengan perasaan terkekang inilah yang paling berisiko menimbulkan perceraian jika seorang perempuan dan pria menikah.

Itulah mengapa jenis komitmen yang kamu jalani saat ini sangat penting menentukan seberapa lama pasangan cinta bisa bersama. Kira-kira seperti apa kamu mendefinisikan komitmen cintamu saat ini, Sahabat Fimela?

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓