Sukses

Lifestyle

7 Cara Mengatasi Susah Tidur pada Perempuan saat Memasuki Usia 40 Tahun

Fimela.com, Jakarta Saat memasuki usia 40 tahun tentu metabolisme tubuh perempuan tidak lagi sama seperti ketika kamu berusia 20 tahun. Salah satu perubahan yang paling terlihat saat perempuan memasuki usia 40 tahun adalah terkait dengan pola tidur. Mereka yang memasuki usia 40 tahun memiliki kecenderungan susah tidur.

Definisi susah tidur yang dialami oleh perempuan di usia 40 tahun cukup beragam. Mulai dari susah terlelap hingga terlalu sering terbangun di malam hari tanpa alasan. Menurut ilmuwan tidur Matthew Walker menyebut penumpukkan protein beta amiloid menurunkan kualitas tidur seseorang seiring dengan bertambahnya usia.

Lantas, apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi susah tidur? Berikut beberapa tips dilansir dari Purewow.com.

1. Mengontrol asupan cairan

Seiring bertambahnya usia perempuan, otot dasar panggul melemah dan jaringan vagina menipis. Menyebabkan kesulitan mengontrol dorongan buang air kecil di malam hari. Sehingga direkomendasikan untuk berhenti minum cairan apapun sekitar dua jam sebelum tidur.

 

2. Menurunkan suhu ruangan

Tubuh perlu menurunkan suhunya untuk memulai tidur. Itulah alasan mengapa kamu selalu lebih mudah tidur ketika berada di ruangan yang terlalu dingin. Jika biasanya kamu menggunakan suhu 25 derajat celsius, bisa kamu turunkan menjadi 21 atau 20 derajat celsius.

3. Lepaskan beban pikiran

Kamu kerap menghabiskan waktu sebelum tidur untuk mengatur pikiran. Perempuan yang berusia di atas 40 tahun cenderung mengalami pikiran yang terus berpacu dengan daftar tugas saat tidur. Mereka meninjau kegagalan hari itu untuk mempersiapkan hari esok. Disarankan untuk bangun dari tempat tidur, tuliskan secara singkat semua kekhawwatiran untuk menjernihkan pikiranmu.

4. Suplemen melatonin

Daripada mengonsumsi obat tidur, lebih baik konsumsi suplemen melatonin. Walker mencatat bahwa konsumsi suplemen melatonin dapat membantu perempuan tidur lebih mudah. Suplemen ini dirancang untuk membantu mengatur waktu tidur.

 

5. Humidifier

Menyiapkan humidifier di malam hari bisa membantu mengatasi masalah sulit tidur. Namun pastikan alat humidifier tetap bersih agar tidak tumbuh jamur dan lumur. Jika masih mengalami susah tidur, disarankan untuk mengganti kasur dengan kasur hipoalergenik yang dibuat dari bahan organik.

6. Kondisikan lingkungan tidur yang bersih

Pastikan kamu mengganti spresi kasur dan bantal secara rutin. Kemudian pastikan apakah kebisingan, rutinitas minum alkohol, ataupun menonton tv yang menjadi penyebab susah tidur. Kurangi kebiasaan tersebut dan kondisikan tempat tidur sebersih dan senyaman mungkin.

7. Atur napas

Kamu perlu merasa rileks hingga tertidur pulas. Salah satu caranya adalah dengan mengatur napasmu. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama empat hitungan, dan buang napas melalui mulut selama empat hitungan. Berhenti sebentar selama empat hitungan dan ulangi lagi seperlunya hingga kamu tertidur pulas.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading