Sukses

Lifestyle

Bacaan Niat Salat Witir untuk Sendiri dan Berjemaah

Fimela.com, Jakarta Salat  witir adalah salat sunnah dengan jumlah rakaat ganjil yang dikerjakan untuk menutup ibadah salat sunnah yang dikerjakan di hari itu. Jika telah selesai menjalankan salat sunnah dan tidak bermaksud mengerjakan salat sunnah lainnya, disarankan untuk menutupnya dengan salat witir.

Tingkatan keistimewaan salat witir membuat Rasulullah SAW mewasiatkan kepada sahabat beliau agar senantiasa mengerjakannya. Salat ini pula yang menjadi penutup seluruh salat malam.

Waktu untuk melaksanakan salat witir terbentang sejak setelah salat Isya’ hingga menjelang subuh. Sehingga, melaksanakan salat witir selain di waktu yang telah disebutkan, merupakan mubah hukumnya. Menurut hadist riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW mengerjakan salat witir pada pada akhir malam.

Niat Sholat Witir 1 Rakaat Salam

Bagi Anda yang ingin mengerjakan sholat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat salat yang bisa Anda hafalkan.

USHALLII SUNNATAL WITRI ROK 'ATAINI (MUSTAQBILAL QIBLATI) LILLAAHI TA'ALAA.”

Artinya: Saya niat salat witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta'alaa.

Niat Sholat Witir 3 Rakaat Dengan 1 Kali Salam

Sementara bagi anada yang ingin mengerjakan sholat witir sebanyak 3 rakaat, Berikut ini bacaan niat salat  witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam. 

USHALLII SUNNATAL WITRI TSALAASA ROKA'AATAIN (MUSTAQBILAL QIBLATI) LILLAAHI TA'ALAA.”

Artinya : " Saya berniat salat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta'alaa."

 

Niat Salat Witir Jemaah

Bacaan niat salat witir bagi Anda yang berjamaah, salah satunya yang paling sering dilakukan pada saat Ramadhan seusai tarawih. 

"USHALLII SUNNATAL WITRI RAKATAN (IMAAMAN / MAKMUUMAN) LILLAAHI TAALAA."

Artinya : Aku niat salat sunnah Witir satu rakaat (jadi imam / makmum) karena Allah taalaa. 

Kemudian bacaan niat salat witir 3 rakaat berjamaan sama halnya dengan yang sebelumnya. Dengan cukup menambahkan satu kata Imaaman / Makmuuman sesuai posisi salat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading