Oscar 2021 Tidak Terapkan Wajib Masker di Era COVID-19, Benarkah?

Vinsensia Dianawanti26 Apr 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 26 Apr 2021, 14:00 WIB
[Fimela] Piala Oscar

Fimela.com, Jakarta Setelah lebih dari setahun dunia menghadapi COVID-19, akhirnya penghargaan Oscar 2021 kembali digelar secara offline. Hanya dihadiri tamu undangan dan para nominator, rupanya gelaran Oscar 2021 tidak mewajibkan penggunaan masker seperti acara offline lainnya.

Dikutip dari Harpersbazaar.com menyebut terlihat ruangan yang penuh dengan orang-orang di Oscar 2021 namun tidak ada yang memakai masker. Regina King menjelaskan semua protokol keamanan acara tersebut dalam pidato pembukaannya.

Dalam pidato tersebut, Regina King menyebut bahwa semua orang yang hadir di Oscar 2021 harus divaksinasi penuh untuk COVID-19. Serta telah menjalani beberapa kali tes untuk memastikan para tamu negatif dari COVID-19.

Meskipun tampaknya kebanyakan orang tidak memaka masker, sebenarnya setiap orang yang hadir membawa maskernya. Serta telah diinstruksikan untuk memakai masker ketika kamera tidak menyala.

 

Aturan penggunaan masker

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by The Academy (@theacademy)

"Anggap ini sebagai set film. Orang-orang yang telah divaksin, diuji ulang, pembatasan jarak, dan kami mengikuti semua protokol ketat yang membuat kami kembali bekerja dengan aman. Jadi seperti di set film, saat kamera menyala, masker tidak digunakan, dan saat kamera mati, masker digunakan," ungkap Regina King dalam pidato pembukanya.

Meski demikian, peserta dipersilakan untuk tetap menggunakan masker sebanyak yang mereka mau. Seperti yang dilakukan Frances McDormand yang tetap memakai masker selama siaran direkam.

Daftar tamu yang hadir dalam Oscar 2021 juga terbilang jauh lebih sedikit dibanding biasanya. Kapasitas Union Station hanya dibatasi hingga 170 orang. Masing-masing undangan hanya boleh membawa satu teman atau pasangan.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓