Sukses

Lifestyle

6 Manfaat Wudu untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Setiap Muslim melakukan wudu, sebelum salat. Ini adalah pola yang sederhana, pasti dan wajib untuk membasuh bagian tubuh yang digunakan untuk memulai sholat. Seperti yang dikatakan Allah dalam Alquran bahwa,

“Wahai orang-orang yang beriman, ketika kamu bangkit untuk melakukan sholat, basuhlah wajah dan lenganmu sampai ke siku dan usapkan ke atas kepalamu dan basuhlah kaki sampai ke mata kaki” (Al-Maidah)

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa pola membasuh bagian tubuh ini menjadi hal yang luar biasa. Berwudhu adalah perlindungan medis untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat medis dari berwudhu.

Menyegarkan Tubuh

Nabi merekomendasikan wudu sebelum tidur. Pakar yoga juga menganjurkan mencuci tangan, lengan, mata, kaki, dan mulut sebelum tidur dengan air dingin untuk tidur nyenyak.

Tereapi Refleksi

Wudhu merangsang ritme biologis tubuh yang serupa dengan gagasan di balik terapi refleks Cina. Ini adalah perawatan yang mencakup pijat-hidro, stimulasi termal dan fisiknya.

Membasuh Hidung Mencegah Penyakit Mikroba

Setelah penyelidikan mikroskopis, dipastikan bahwa hidung yang tidak berwudhu terkena sejumlah besar mikroba berbahaya yang dapat menyebabkan banyak penyakit.

Membersihkan Lengan Mengaktifkan Sirkulasi Darah

Juga ditetapkan bahwa sirkulasi darah di anggota badan lebih lemah karena mereka jauh dari pusat jantung yang memompa darah. Oleh karena itu, pencucian lengan mengaktifkan sirkulasi darah di area tubuh, membuat orang tersebut lebih bertenaga.

Cuci Tangan Mencegah dari Pneumonia

Sebuah penelitian menemukan bahwa lebih dari 50% infeksi terkait pneumonia pada anak di bawah usia 5 tahun dapat dicegah dengan mudah dengan mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan juga mengurangi infeksi saluran pernapasan dengan menghilangkan patogen infeksius yang ditemukan di tangan.

Membilas Mulut Mencegah Penyakit Sistematis

Perlu dicatat bahwa setiap Muslim mencuci tangan mereka sebelum berkumur, memastikan bahwa mereka berkumur dengan air bersih. Selama wudu, Muslim berkumur untuk menghilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut. Kebanyakan dari mereka lebih menyukai siwak, sikat gigi alami yang terbuat dari ranting atau akar pohon yang memiliki khasiat antiseptik tersendiri, untuk membersihkan mulut sebelum berwudhu.

Berikut tadia dalah beberapa manfaat wudu secara medis yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari penyakit. Semoga informasi ini bermafaat ya!

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading