Sukses

Lifestyle

Jaga Kelembapan Hidung dengan Metode Cuci Hidung untuk Cegah Penyakit Saluran Pernafasan

Fimela.com, Jakarta Tidak hanya wajah dan kulit, hidung juga menjadi salah satu oragn tubuh yang harus dijaga kelembapannya. Sebab, hidung berpotensi menjadi kering dan akan menganggu saraf di hidung.

Padahal hidung memiliki fungsi yang penting mulai dari organ pernapasan, indera penciuman, pemberi rasa pada makanan, pengaturan suara, hingga pembersihan saluran pernapasan. Dokter Spesialis THT-KL Hemastia Manuhara Harba’i SpTHT-KL mengatakan hidung harus lembap agar tidak terjadi masalah penyakit saluran pernafasan, seperti asma dan batuk.

"Hidung fungsinya untuk mencium wewangian maka terdapat saraf hidung yang tidak boleh dehidrasi. Sebab, jika hidung kering akan menganggu saraf peciumanan. Maka penting untuk hidung selalu lembap agar mencegah masalah saluran pernafasan," ujar dr. Hemastia dalam acara Kalbe Grup luncurkan alat terapi pernafasan, Senin (26/4).

Mencuci hidung dengan menggunakan suntikan berisi air NaCl atau menggunakan spray elektrik yang juga berisi cairan bisa menjadi solusi membuat hidung lembap dan bersih. dr. Hemastia mengatakan cuci hidung sangat penting dilakukan karena dapat membersihkan hidung dari kotoran, mencegah timbulnya penyakit saluran napas, mencegah kekambuhan alergi, membantu penyembuhan peradangan hidung & sinus.

"Cuci hidung juga dapat mengurangi penggunaan obat-obatan sintetik seperti antibiotik, antialergi, dan antiasma. Bahkan selama pandemi, cuci hidung menjadi sangat disarankan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan mencuci hidung bermanfaat untuk mengoptimalkan pengobatan bagi pasien Covid-19,” paparnya.

Cara mencuci hidung

Tindakan cuci hidung bisa rutin dilakukan sendiri di rumah bahkan bisa mulai bayi usia kurang dari tiga bulan. Bersihkan hidung 2-3 kali sehari. Atau minimal sehari sekali setiap malam sebelum tidur.

dr. Hemastia pun memberikan cara-cara mencuci hidung dengan benar, dimulai dari persiapan alat:

1. Air infusan (Nacl 0,9 persen)

2. Transofix

3. Suntikan 10 cc tanpa jarum

4. wadah bersih

Mulai mencuci hidung, dimulai dengan cuci tangan, kemudian hidung kiri masukkan cairan NaCL ke hidung sebelah kiri menggunakan suntikan sambil tetap pada posisi membuka mulut dan tahan nafas. Ulangi pada lubang hidung berikutnya.

Namun ada cara yang lebih praktis dengan menggunakan Elvasense Portable Nasal Washer yang merupakan alat pembersih hidung yang nyaman, efekif dan dirancang khusus untuk merawat dan membersihkan rongga hidung pada anak-anak dan dewasa, yang dapat digunakan dengan larutan garam (larutan salin) atau obat sesuai dengananjuran dokter untuk tujuan penggunaan aerosol.

Elvasense Portable Nasal Washer digunakan untuk membersihkan rongga hidung (membersihkan kerak lendir, kotoran, serbuk sari, alergi), meningkatkan aliran mukus sehingga saluran sinus menjadi bersih, menarik keluar cairan, mengecilkan selaput lendir yang membengkak, dan mencegah infeksi sinus.

 

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading