Kerja Sambil Puasa, 5 Cara Tingkatkan Energi Tanpa Kafein di Sore Hari

Fimela Editor30 Apr 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 18:30 WIB
olahraga

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang memilih untuk menghentikan konsumsi kafein yang berlebihan bagi tubuh mereka. Mengonsumsi kafein di sore hari bisa membuat kecanduan yang sangat. Saat berpuasa, Setelah pagi yang panjang dan produktif,  kamu akan merasa agak mengantuk dan lelah di jam 3 sore menyelesaikan tugas-tugas yang harus dilakukan. Ada kecenderungan untuk mematikan komputer, dan bergegas tidur apalagi kamu yang bekerja dari rumah. 

Jika  kamu tidak bisa terjaga saat hari biasa, kamu  mungkin akan meraih secangkir besar kopi  tetapi sementara itu juga akan membuat kamu  terjaga hingga larut malam. Saat puasa semuanya berubah kopi bukanlah teman yang baik begitu pula dengan tidur siang yang bisa merubah pola tidur malammu.Dilansir dari womenshealthmag.com, cobalah beberapa ide ini untuk meningkatkan energi kamu  di sore hari tanpa kafein.

Cobalah Istirahat, Pergi keluar dan menghirup udara segar 

Seharian didepan laptop akan sangat melelahkan cobalah untuk pergi jalan-jalan untuk menenangkan pikiran.  Tidak bisa jalan-jalan? Setidaknya pergilah ke luar kantor atau rumah Anda, meski hanya Anda berdiri di trotoar selama lima menit. Serangkaian penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Psychology menemukan bahwa berada di luar ruangan membuat orang merasa lebih hidup dan berenergi. Saat Anda merasa kantuk melanda, pergilah ke luar untuk menghirup udara segar dan minum vitamin D.

Makan makanan yang bergizi 

Saat berpuasa isi sahur dan buka puasa dengan makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang seimbang memberikan energi secara perlahan sepanjang pagi, bukan sekaligus, yang dapat menyebabkan penurunan energi di kemudian hari. Sarapan tinggi karbohidrat (seperti pancake) dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang dapat mengakibatkan hilangnya energi di kemudian hari (seperti pada jam 3 sore). Atur pola makan yang tepat saat puasa misalnya berbuka dengan porsi yang lebih sedikit dan sahur dengan makanan yang tinggi karbohidrat, serat dan vitamin. Konsumsi air putih yang cukup saat sahur atau berbuka. 

Cara tingkatkan energi tanpa kafein

mendengarkan musik
ilustrasi olahraga/copyright by nelen (Shutterstock)

Berolahraga 

Tidak mungkin setiap orang menjadwalkan olahraga di tengah hari, tetapi jika kamu mampu melakukannya, itu jelas bukan ide yang buruk. Satu studi mengamati orang-orang yang beristirahat untuk berolahraga selama hari kerja, dan menemukan bahwa melakukannya dapat meningkatkan produktivitas diri. Selain itu, olahraga hanyalah pendorong energi alami yang hebat. Olahraga mendorong aliran oksigen dan sirkulasi darah, yang mengarah ke tingkat energi yang lebih tinggi.

Coba Dengarkan Lagu yang Bersemangat 

Saat kamu  mulai merasa mengantuk, putar beberapa musik favoritmu terutama jika musik itu ceria dan menyenangkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa dopamin kimiawi yang menyenangkan ditemukan 9% lebih tinggi pada sukarelawan yang mendengarkan musik yang mereka sukai. Musik yang membangkitkan semangat paling baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan perhatian, jadi pastikan untuk mendengarkan sesuatu yang membuat Anda ingin menari.

Dan jika kamu pandai menyanyi, silahkan menyanyikannya juga. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Music Therapy menunjukkan bahwa peserta yang disuruh bernyanyi melaporkan bahwa melakukan hal itu membuat mereka lebih berenergi dan kurang mengantuk.

Gunakan Wewangian Aromaterapi 

Siapkan simpanan lemon atau jeruk segar di dekat kamu untuk menghilangkan rasa kantuk sore itu, menghirup bau salah satu aroma jeruk ini mungkin akan meningkatkan suasana hatimu dan membuat kamu merasa siap untuk menjalani sisa hari itu. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan Brasil meminta partisipan menghabiskan waktu lima menit untuk mencium zat, termasuk minyak esensial jeruk manis. Mereka yang mencium aroma minyak jeruk tidak terlalu cemas, dan itu bertahan di luar ujian. Lemon balm juga dapat meningkatkan kinerja kognitif dan suasana hati.

Aroma jeruk bukan satu-satunya jenis minyak esensial yang tersedia saat kamu membutuhkan energi. Minyak peppermint dikatakan bisa memberi sedikit dorongan hirup saja atau taruh sedikit di pelipis. Baunya enak dan membuat kamu merasa sedikit lebih hidup. Kamu bahkan dapat mencampurnya dengan minyak esensial jeruk untuk merasakan manfaatnya sekaligus.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓