5 Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Endah Wijayanti02 Mei 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 02 Mei 2021, 14:15 WIB
resep daun pepaya

Fimela.com, Jakarta Daun pepaya bisa diolah jadi aneka sajian dan masakan yang sedap. Mungkin tak semua orang suka dengan olahan daun pepaya karena rasanya yang pahit. Namun, jika kita tahu cara memasak daun pepaya agar tidak pahit, kita bisa membuat sajian yang istimewa.

Ada sejumlah cara yang bisa dicoba agar daun pepaya tidak pahit saat dimasak. Kali ini Fimela uraikan beberapa tips dan cara sederhana yang bisa dicoba. Selengkapnya, langsung saja simak di sini ya.

1. Daun Pepaya Direbus dengan Daun Jambu 

Rebus daun pepaya dengan daun jambu biji agar pahitnya hilang. Rebus daun-daun ini secara bersamaan hingga layu dan empuk. Jika sudah, angkat dan tiriskan. Pisahkan daun pepaya dari daun jambu biji. Jika sudah terpisahkan, peras daun pepaya. Daun pepaya pun siap untuk dimasak dan diolah menjadi masakan sedap.

2. Daun Pepaya Diremas dengan Garam Kasar

Garam kasar bisa digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi rasa pahit daun pepaya. Caranya campur daun pepaya dengan garam kasar. Kemudian remas daun pepaya bersama dengan garam kasar. Setelah itu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air. Daun pepaya bisa dimasak atau diolah dengan bumbu lain.

3. Daun Pepaya Direbus dengan Tanah Liat

resep buntil daun pepaya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/RaniRestuIrianti

Pernah coba cara yang cukup ini ini? Kita bisa menggunakan tanah liat atau tanah lempung yang bersih sebagai penghilang rasa pahit pada bunga dan daun pepaya. Rebus bunga dan daun pepaya bersama tanah liat hingga empuk. Jika sudah empuk, angkat dan cuci bersih daun pepaya dengan air. Saat mencuci ini, pastikan tidak ada sisa tanah liat pada bunga atau daun pepaya.

4. Daun Pepaya Direbus dengan Asam Jawa

Cara yang satu ini pun cukup mudah. Masukkan asam jawa dalam rebusan daun pepaya. Rebus daun pepaya bersamaan dengan asam jawa. Selain menghilangkan rasa pahit, asam jawa juga membantu membuat aroma daun pepaya menjadi lebih enak dan sedap.

5. Daun Pepaya Direbus dengan Daun Singkong

Daun pepaya dan daun singkong sebenarnya bisa diolah bersamaan untuk dijadikan hidangan sedap. Dan ternyata daun singkong juga bisa membantu mengurangi rasa pahit daun pepaya. Bagaimana caranya? Mudah saja. Tinggal rebus daun singkong dan daun pepaya bersamaan. Setelah empuk, angkat dan tiriskan untuk kemudian daun pepaya bisa dibumbui sesuai selera.

Bagaimana? Cara memasak daun pepaya agar tidak pahit tidak terlalu sulit, bukan? Semoga tips dan cara-cara di atas bermanfaat, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓