Penelitian Membuktikan, Butuh Sekian Minggu untuk Bisa Melupakan Mantan

Febi Anindya Kirana28 Apr 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 28 Apr 2021, 16:45 WIB
hubungan cinta

Fimela.com, Jakarta Melupakan mantan mungkin sulit dilakukan dengan cepat bagi beberapa orang, karena bagaimana pun kenangan yang diinggal kemungkinan masih membekas di dalam pikiran. Tapi benarkah melupakan mantan bisa sesulit itu? Butuh berapa lama sebenarnya seseorang bisa melupakan mantan dan kembali membuka hati untuk orang lain?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology tahun 2007 menemukan bahwa butuh waktu selama 11 minggu agar seseorang bisa melupakan mantannya. Dengan kata lain, cukup dibutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan agar bisa melepas bayangan mantan.

Butuh waktu 11 minggu agar bisa lupa mantan

jatuh cinta
ilustrasi hubungan cinta/Photo by Alice Donovan Rouse on Unsplash

Penelitian melibatkan 155 partisipan yang mengalami patah hati setelah menjalani hubungan cinta singkat maupun jangka panjang. Para peneliti mengikuti mereka selama enam bulan dan menemukan bahwa 71% partisipan ternyata sudah merasa perasaannya lebih baik setelah 11 minggu.

Namun tentu saja, proses move on dan melupakan mantan bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Semua itu tergantung dari banyak faktor, baik secara internal maupun eksternal, misalnya perasaan tak ingin sendirian, tetap menjalin kontak dengan mantan setelah putus dan lain sebagainya. Semakin banyak faktor pendukung untuk "tidak melupakan mantan" maka semakin lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bisa melepaskan bayangan mantan.

Jadi, kira-kira kamu butuh berapa lama untuk bisa melupakan mantanmu, Sahabat Fimela? Benarkah 11 minggu itu cukup?

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓