WHO Hadapi Covid-19 Gelombang 3, Apakah Vaksinasi Saja Sudah Cukup?

Wuri Anggarini29 Apr 2021, 00:00 WIB
Diperbarui 29 Apr 2021, 00:00 WIB
WHO Hadapi Covid-19 Gelombang 3

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini media marak memberitakan pernyataan Badan Kesehatan Dunia atau WHO tentang ancaman Gelombang 3 dari pandemi Covid-19. Ya, virus yang sudah menyerang lebih dari satu tahun ini kini mulai memasuki fase gelombang 3 di beberapa negara Eropa. Sebagian orang mungkin sudah mulai tenang karena program vaksinasi sudah mulai digalakan dan memberikan harapan terciptanya herd immunity. Tapi, apakah vaksin saja sudah cukup melindungi?

Ternyata, pendapat para ahli vaksin mengungkapkan jika vaksin yang ada saat ini masih belum 100% mampu melindungi  dari infeksi Covid-19. Biarpun begitu, vaksin penting untuk menekan derajat keparahan penyakit saat infeksinya berkurang. Jadi, apa yang harus dilakukan agar tidak mudah sakit terutama di bulan Ramadan ini?

Seimbangkan Asupan Nutrisi Tubuh

WHO Hadapi Covid-19 Gelombang 3
(c)shutterstock

Ada tantangan tersendiri saat berpuasa di tengah pandemi. Kunci yang paling penting menjaga daya tahan tubuh adalah seimbangkan asupan nutrisi tubuh. Ada beberapa tips menjaga daya tahan tubuh selama Ramadan, mulailah dari mengatur asupan gizi yang seimbang saat sahur dan berbuka. Jangan lupa perhatikan juga kecukupan jumlah air. Penting juga untuk mengurangi konsumsi gula, cukup tidur dan istirahat saat lelah, serta konsumsi suplemen jika diperlukan.

Tapi mungkin masih banyak yang merasa bingung, gimana sih cara memilih suplemen yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh dari Covid-19? Ada beberapa standar pencegahan dan pengobatan yang sudah dipublikasikan oleh pemerintah terkait Covid19  yang menyebutkan vitamin & mineral yang penting antara lain tersebut  Vitamin C, Zinc, Vitamin B Kompleks dan Vitamin D menjadi asupan nutrisi penting dan wajib dikonsumsi secara rutin.

Vitamin C memiliki peran merangsang pembentukan antibodi di dalam tubuh dan merupakan komponen antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Sementara itu, Zinc adalah mineral yang punya peranan penting regenerasi sel tubuh yang rusak serta bermanfaat menjaga imunitas. Selanjutnya Vitamin B Kompleks sangat penting untuk melancarkan sistem metabolisme dan sistem syaraf.

WHO Hadapi Covid-19 Gelombang 3
(c)C2fit

Saat mencari suplemen yang tepat untuk menjaga tubuh dari infeksi Covid-19, bukan hanya nutrisi atau dosisnya saja yang perlu diperhatikan, tapi penting juga untuk mencari suplemen yang bisa terserap baik sehingga bekerja optimal dalam tubuh.

Percayakan pada C2FIT yang memiliki kandungan Zinc Sulfat 99MG, Vitamin C, Vitamin B kompleks dengan dosis tinggi sesuai standar pemerintah untuk mencegah Covid-19. Menariknya, suplemen ini juga dilengkapi dengan teknologi slow release yang memastikan nutrisi di dalamnya dapat terserap optimal dan bekerja melindungi tubuh hingga 24 jam.

Jangan Lupa Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

WHO Hadapi Covid-19 Gelombang 3
(c)shutterstock

Selain memperhatikan asupan nutrisi, hal lain yang juga harus kamu lakukan adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Terlebih menurut situs WHO, Covid-19 bisa menular lewat droplet (cairan tubuh) yang menempel di permukaan benda sekitar atau tersebar lewat udara (airborne transmission).

Jadi, bagaimana sih menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan optimal? Salah satu rekomendasinya adalah dengan menggunakan antiseptik atau disinfektan yang  efektif membunuh virus dan kuman. Pada Mei 2020, WHO sudah mengeluarkan dokumen WHO Interim Guidance – Laboratory Biosafety Guidance related to Coronavirus Disease (Covid-19) yang berisi panduan antiseptik yang ampuh membunuh virus Corona, salah satunya yaitu senyawa Phenol. Selain itu, disebutkan pula bahwa senyawa Benzalkonium chlorida dan Chlorhexodine sebenarnya bisa jadi kurang efektif untuk membunuh virus corona.

WHO Hadapi Covid-19 Gelombang 3
(c)Septiair

Jadi, produk apa sih yang sesuai dengan standar keamanan tersebut? SEPTIAIR bisa jadi jawabannya. Ini dia semprotan antivirus tanpa kandungan alkohol yang bisa digunakan untuk sterilisasi udara dan benda yang sering disentuh serta aman jika terkena kulit. Produk ini mengandung senyawa Phenol (4-Chloro-3,5-dimethylphenol) yang sudah teruji efektif melawan virus Covid-19.

Karena tidak mengandung alkohol, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan peralatan salat dan tidak memiliki risiko terbakar. Nggak perlu ragu-ragu dalam menggunakannya karena SEPTIAIR sudah mendapatkan izin edar resmi dari Kementerian Kesehatan RI.

Yuk, saatnya lindungi diri dan keluarga dengan sedia selalu C2FIT dan SEPTIAIR selama beraktivitas!

Lanjutkan Membaca ↓