Sukses

Lifestyle

5 Dampak Anak Sering Dikekang, Orangtua Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua, tentu kita ingin yang terbaik buat anak. Tapi terkadang, tanpa disadari, perilaku tersebut menimbulkan banyak aturan bagi si kecil. Tanpa memperdulikan efeknya pada anak, orangtua sering merasa yang dilakukannya adalah hal terbaik. 

Padahal, setiap anak biasanya memiliki sikap dan sifat yang berbeda. Tak hanya itu saja, ketertarikan mereka juga berbeda antara satu dan lainnya. Jika anak dikekang, maka akan membatasi ruang eksplorasi bagi dirinya. Sehingga ia akan memiliki pengalaman yang minim di usia tumbuh kembang tersebut. 

Selain itu, adakah efek lainnya jika anak terlalu sering dikekang? Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Anak tidak tahu apa maunya

Orangtua yang kerap mengekang cenderung overprotective. Biasanya, ia menentukan keinginannya untuk anak tersebut. Padahal, kebebasan tidak selalu berefek buruk. Justru kebebasan melatih si kecil agar tahu apa keinginannya yang berpengaruh pada dirinya di usia dewasa kelak. Jadi, dengan mengekang, maka membuat si kecil tidak tahu apa keinginannya. 

2. Hidupnya jadi bergantung

Terlalu mengekang membuat si kecil jadi manja dan bergantung pada orangtua. Begitu dewasa nanti, ia juga akan tidak mandiri, yang membuatnya selalu menumpukan hidupnya dengan orang lain. 

3. Tumbuh menjadi pembohong

Ini juga efek lainnya dari orangtua yang terlalu mengekang si kecil. Aturan yang mengikat di dalam hidupnya membuat si kecil jadi pembohong yang ulung. Hal ini adalah cara si kecil dalam mencari jalan agar mendapat kebebasan. 

4. Tidak bisa mengekspresikan diri

Di saat si kecil dikekang, ia jadi takut melakukan segala hal. Tentunya ini berpengaruh pada si kecil dalam mengekspresikan diri. Ia tidak vokal dan cenderung menjadi pribadi yang pasif. 

5. hilang rasa percaya diri

Ini juga pasti terjadi pada anak yang selalu dikekang. Ia jadi tidak percaya diri dan cenderung minder. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi pertumbuhan si kecil. Bahkan tak jarang, ini akan terus terjadi hingga ia dewasa nanti. 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading