Ketahui Alasan Mengapa Sulit Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadan

Gayuh Tri Pinjungwati30 Apr 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 16:15 WIB
single berhijab

Fimela.com, Jakarta Dengan puasa yang dimulai dari matahari terbit hingga terbenam di bulan Ramadan, cukup mengejutkan bahwa banyak orang yang mengakhiri bulan dengan sedikit lebih berat badan daripada awalnya, bukannya menurunkan berat badan

Selama Ramadan, umat Islam di seluruh dunia tidak makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Telah diamati bahwa umat Islam cenderung menambah berat badan di bulan ini meski berpuasa rata-rata 12 jam sehari. Penyebabnya adalah asupan kalori yang lebih tinggi dari biasanya dan kurangnya aktivitas fisik untuk membakarnya. Misalnya, saat tidak berpuasa, umat Islam mengonsumsi makanan dalam jumlah besar saat buka puasa dan sahur. Selain itu, makanan berlemak dan bergula lebih sering dikonsumsi di bulan Ramadan.

Bagaimana cara orang menjaga atau menurunkan berat badan selama Ramadhan? Perubahan apa yang harus dilakukan setiap orang dalam kebiasaan makan di bulan Ramadan? Berikut beberapa langkah dasar dan sederhana yang bisa Sahabat Fimela ikuti sepanjang Ramadan untuk menurunkan dan menjaga berat badan.

1. Hindari Makan Berlebih

Hindari makan berlebih saat buka puasa dan akhiri puasa dengan mengonsumsi salad buah dan makanan yang tidak begitu manis. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat memicu penambahan kalori dalam tubuh yang menyebabkan bertambahnya berat badan.

2. Makan dengan Perlahan

Makan perlahan dan kunyah makanan hingga benar-benar halus, yang akan membuatmu makan lebih sedikit saat buka puasa. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mudah membuatmu merasa kenyang. Hindari terlalu banyak mengonsumsi gorengan dan minuman yang manis.

3. Makan Beberapa Jam Setelah Buka

Single Berhijab
Ilustrasi/copyrightshutterstock/9nong

Makan hidangan utama satu atau dua jam setelah berbuka agar tubuh dapat mencerna makanan tanpa membebani perut.

Meski demikian, Sahabat Fimela dapat menerapkan cara sehat untuk berbuka dan puasa agar berat badan tetap stabil. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dicoba. 

1. Konsumsi Makanan Sehat

Ganti makanan yang digoreng, berminyak dan berlemak dengan makanan yang dipanggang. Konsumsi buah-buahan segar, salad, kurma dan segelas susu.

2. Penuhi Asupan Air

Optimalkan asupan cairan dalam tubuh selama waktu tidak berpuasa dengan minum 6-8 gelas air. Hindari minuman berkafein agar tidak mudah membuatmu merasa haus sepanjang hari selama puasa.

3. Lakukan Aktivitas Fisik

Setelah menyantap hidangan utama saat makan malam, berjalan-jalanlah setidaknya selama setengah jam. Ini akan membantu pencernaan serta membakar kalori ekstra yang ditambahkan dari makanan berbuka puasa dan makan malam.

Hindari makanan berlemak, berminyak dan pedas saat sahur untuk mencegah perut kembung, gangguan pencernaan dan rasa panas dalam perut. Tetap semangat menjalankan ibadah puasa ya, Sahabat Fimela!

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓