5 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Kezia Prasetya Christvidya02 Mei 2021, 12:15 WIB
Diperbarui 02 Mei 2021, 12:15 WIB
ilustrasi manfaat pare untuk mencegah penyakit diabetes/Regreto/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Pare adalah salah satu sayur yang memiliki rasa pahit, tapi banyak digemari di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pare memiliki bentuk yang lonjong dan bergerigi, dengan daging yang berwarna putih.

Pare bisa diolah menjadi berbagai macam sayuran, jus atau tumisan, bahkan ada yang mengolahnya sayur ini menjadi siomai. Pare sering dimasak dengan dikombinasikan dengan bahan lain seperti jagung, cabai atau daging-dagingan.

Rutin mengonsumsi pare ini, bisa membantu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Namun bagi sebagian orang, memang tidak suka pare karena rasanya sangat pahit. Untuk menghilangkan rasa pahit dari pare ini, yuk simak cara memasak pare agar tidak pahit.

Manfaat Pare

ilustrasi manfaat pare untuk mencegah penyakit diabetes/Wichaiwish/shutterstock
ilustrasi manfaat pare untuk mencegah penyakit diabetes/Wichaiwish/shutterstock

Pare atau yang memiliki nama lain peria, adalah sayuran yang menyehatkan karena memiliki kandungan zat besi, magnesium, vitamin C, serat dan kalium, yang 2 kali lebih banyak dari pada bayam, brokoli dan pisang.

Manfaat mengonsumsi pare ini, bisa membantu mencegah penyakit diabetes, karena kandungan yang ada di dalam pare ini, bisa membantu mengubah glukosa menjadi sumber energi. Selain itu, sifat antioksidan yang ada di dalam pare, bisa membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.

Kandungan flavonoid seperti alpa karoten, beta karoten, lutein, zeaxanthin dan vitamin C yang ada di dalam pare inilah, yang bisa membantu menjaga kesehatan mata, bahkan bisa membantu menyembuhkan asma dan menurunkan berat badan.

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

ilustrasi manfaat pare untuk mencegah penyakit diabetes/Butsaya/shutterstock
ilustrasi manfaat pare untuk mencegah penyakit diabetes/Butsaya/shutterstock

1. Mencampur dengan Garam

Agar pare rasanya tidak pahit, kamu bisa memilih pare yang warnanya hijau tua, kemudian belah pare menjadi dua bagian, lalu bersihkan pare dari biji dan selaput putih yang menempel di daging buahnya. Setelah itu lumuri pare dengan garam, remas-remas sampai pare layu dan cuci hingga bersih.

2. Mencampur dengan Gula

Kalau kamu tidak terlalu suka dengan garam, kamu bisa menghilangkan rasa pahit pada pare dengan mencampurkannya dengan gula. Caranya sama, yaitu membelah pare menjadi 2 bagian, bersihkan dari biji dan selaput putih, lalu remas-remas dengan gula sampai layu dan bilas sampai bersih.

3. Rebus dengan Cuka, Garam dan Gula

Setelah mencuci pare dengan bersih, kamu bisa merebus pare selama kurang lebih 2 menit dengan, 1 gelas cuka dan 2 sendok makan garam dan gula.

4. Rebus dengan Daun Jambu Biji

Cara memasak pare agar tidak pahit juga bisa dilakukan, dengan merebus pare yang dicuci bersih dengan daun jambu biji. Caranya rebus pare dengan beberapa lembar daun jambu biji selama kurang lebih 5 menit, lalu angkat dan tiriskan.

5. Campur dengan Makanan Asin atau Manis

Cara yang terakhir untuk memasak pare agar tidak pahit, yaitu dengan memasak pare yang sudah dicuci bersih dan dipotong, yang diberi bumbu kecap asin atau dicampurkan dengan jagung yang manis.

Resep Tumis Pare dengan Telur Orak-arik

pare-kezo
ilustrasi manfaat pare untuk mencegah penyakit diabetes/NIKCOA/shutterstock

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah pare buang isi dan iris tipis
  • 2 butir telur
  • 4 sdm minyak goreng

Bumbu:

  • 5 siung bawang merah yang dicincang halus
  • 2 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 7 buah cabai rawit, iris serong
  • Garam halus secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu.
  2. Letakkan pare yang telah diiris tipis ke dalam mangkok, campur dengan 2 sdm garam kasar. Remas-remas pare dengan garam, lalu cuci dengan bersih.
  3. Panaskan minyak, masak telur orak-arik, tambahkan garam secukupnya.
  4. Tambahkan bumbu bawang merah, bawang putih dan cabai ke dalam telur orak-arik, masak hingga bumbu menjadi harum, lalu tambahkan pare ke dalam wajan, aduk hingga bumbu tercampur rata.
  5. Tambahkan garam, kaldu ayam bubuk dan gula secukupnya, koreksi rasa, masak hingga matang. Sajikan.
Lanjutkan Membaca ↓